Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
10 Tips Membeli Laptop

10 Tips Membeli Laptop yang tepat – Jangan salah pilih!

10 tips membeli laptop yang tepat. Sebelum kamu membeli laptop, kamu harus
baca dulu artikel ini biar nggak menyesal. Inilah 10 tips membeli laptop yang
tepat, apakah kamu sudah mengetahuinya atau belum. Karena jika kamu tidak mengetahui
tips tips ini maka akan kekurangan informasi dalam memilih laptop. Langsung aja
baca artikel berikut ini.

1. Pilih CPU yang Memadai

10 Tips Membeli Laptop

CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari komputer. Prosesor memiliki pengaruh besar pada kinerja komputer. Prosesor Intel Core dan AMD menawarkan kinerja terbaik dalam hal multi-tasking dan multimedia. Semakin baru generasi sebuah CPU semakin bagus. Semakin tinggi spesifikasinya semakin bagus. Untuk laptop gaming & desain disarankan di atas core i5 (intel) / ryzen 5 (AMD) .

Laptop berbasis Core i3 umumnya ditemukan dikelas bawah, sedangkan Core i5 merupakan laptop mayoritas dengan performa cukup atau kelas tengah. Jika Anda mencari laptop dengan kombinasi harga dan kinerja yang cukup baik, pilihlah laptop dengan CPU Intel Core i5 namun jika aktivitas yang dilakukan cukup berat maka pilihlah core yang lebih besar (high end), seperti Core i7, Core i11 atau Intel Generasi 11 .

2. Tentukan Kapasitas RAM

10 Tips Membeli Laptop

Memori akses acak atau biasa disebut RAM adalah jenis penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu tetap, tidak memperdulikan letak datanya dalam memori.

Semakin tinggi RAMnya semakin bagus kinerja laptop kamu. Biasanya ukuran RAM itu bertambah dua kali lipat seperti 2GB, 4GB, 8GB, 16GB. RAM bisa digabungkan tergantung slot pada RAM nya.

3. Storage Drive

10 Tips Membeli Laptop

Biasanya banyak ditemukan storage drive seperti HDD dan SSD, Apa sih bedanya? Sebelum kamu memilih laptop yang ingin kamu beli, kamu harus tau perbedaan anatra HDD dengan SSD. Lebih baik membeli laptop dengan solid state drive (SSD), SSD akan menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat secara keseluruhan. Karena HDD hanya untuk menyimpan tidak berhubungan dengan kecepatan laptop kamu.

4. Periksa Kapasitas Baterai

10 Tips Membeli Laptop

Jika kamu ingin memakai laptop hanya untuk beraktivitas yang dekat dengan stop kontak seperti kantor atau meja di kamar kamu, maka kamu tidak perlu khawatir soal baterai. Akan tetapi, jika Anda ingin memakai laptop untuk beraktivitas keluar maka Anda setidaknya harus memiliki laptop yang kuat bertahan 7 – 8 jam agar tidak membebani Anda untuk beraktivitas saat bekerja. Pilih baterai dengan kapasitas 44Wh sampai 50Wh untuk mengoptimalkan pemakaian laptop kamu.

5. Cek Jumlah Port

10 Tips Membeli Laptop

Port pada laptop adalah hal yang sangat penting. perhatian Anda mencolokkan hardisk eksternal atau drive SSD dan mencadangkan data atau menggunakan mouse dan keyboard. Minimal terdapat satu USB-C, satu USB-A, dan jack mikrofon/headset.

6. Pilih Sistem Operasi

Sampai saat ini sistem operasi hanya ada dua yaitu Windows dan Mac Os. Perbedaan yang dikeduanya sangat jauh karena ini berkaitan dengan pengoperasian aplikasi dan beberapa fitur di laptop kamu. Mac Os hanya untuk Macbook dan Windows bisa disemua jenis merk laptop kecuali Macbook.

7. Perhatikan Kualitas Keyboard dan Touchpad

Pilih keyboard yang nyaman agar bisa memaksimalkan pekerjaan kamu. Fitur keyboard sekarang ada yang memakai RGB untuk penglihatan yang tajam agar bisa digunakan ditempat gelap sekalipun. Selain itu juga, bisa membuat design terlihat seperti futuristik. Touchpad pun pilih yang nyaman seperti yang lembut dan tidak mudah tergores.

8. Cek Spesifikasi Layar

Kamu mungkin memerlukan layar dengan fitur layar sentuh untuk memudahkan pekerjaanmu. Akan tetapi, ini bisa mengurangi pengunaan baterai kamu. Selanjutnya pilih resolusi yang tinggi biasanya 1920 x 1080 piksel FHD, jika kamu ingin lebih maka kamu bisa memilih laptop yang menawarkan resolusi 4K agar layar terlihat lebih Smooth.

9. Sesuaikan Budget

Menyesuaikan budget merupakan hal terpenting dalam kamu memilih laptop. Jangan memaksakan membeli yang baru karena lebih mahal, kamu bisa membeli laptop seken tapi kualitasnya masih bagus. Jangan terlalu memikirkan gengsi ya guys. Pilih sesuai kebutuhan kamu.

10. Beli ditempat yang Tepat

Kemudian, pertimbangan yang sebaiknya jangan luput juga adalah soal tempat pembelian laptop. Beli di tempat terpercaya dapat memberikan pelayanan yang baik apabila nantinya laptop terdapat kendala. Jika kamu ingin lebih yakin kamu bisa membeli di outlet laptop dengan brand yang ingin kamu beli, contohnya kamu ingin membeli laptop yang merknya asus maka kamu bisa membeli di outlet asus yang kamu pilih.

 

Itulah 10 tips membeli laptop yang tepat. Jangan sampai salah pilih yaa karena yang sulit itu tidak memilih tapi mempertahankan apa yang kita pilih. Kalau kamu sudah salah memilih laptop yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu maka kamu harus terima dengan laptop seadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu