Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
fitur windows 11

Fitur-fitur yang terdapat pada Windows 11 – Keren Banget

Microsoft menghadirkan versi Windows versi terbaru yang dirancang lebih modern dan mudah digunakan, Windows 11 rilis resmi pada 5 oktober 2021. Hadir dengan tampilan yang sangat berbeda dari pendahulunya yaitu windows 10, Dengan User interface (UI) yang lebih minimalist bikin para pengguna Windows pangling karena terlihat berbeda dengan DNA Windows yang biasa memiliki tombol start pada pojok kiri bawah.

Di usianya yang sebentar lagi menginjak 6 Bulan, Yuk kita bahas fitur-fitur yang terdapat pada windows 11 Keren Banget 

1. Start Menu

fitur Windows 11 Start menu

Windows 11 Memperkenalkan antarmuka baru di hampir setiap area desktop, Termasuk juga menu Start. Windows dikenal dengan Start menu yang biasa berada di pojok kiri bawah dan Windows 11 hadir dengan Start Menu yang berada di tengah, Tentu para pengguna butuh penyesuaikan seperti waktu Windows 8 Rilis untuk dapat terbiasa dengan letaknya.

Start menu Windows 11 berisi 3 baris dan 6 kolom aplikasi yang kamu sematkan, Dapat juga kamu hapus dan Sematkan aplikasi yang kamu butuhkan. Terdapat pula Daftar rekomendasi yang umumnya berisi tampilan aplikasi atau data yang sering sekali dibuka atau baru saja terinstal, Untuk melihat daftar dari seluruh aplikasi yang terinstal pada windows 11 kamu cukup klik tombol “All apps” dan nanti akan terlihat seluruh daftar aplikasi yang terinstal. Pada versi pembaruan sudah terdapat kolom search untuk memudahkan kamu mencari aplikasi dengan cepat dan mudah. Dan terakhir untuk tombol power terletak pada bagian kanan bawah start menu.

2. Taskbar dan Action Center

Action center fitur windows 11

Perubahan besar yang langsung terlihat pada Windows 11 saat anda pertama kali menginstalnya adalah tampilan taskbar yang berada ditengah, Ini adalah wajah baru dari Taskbar Windows yang sebelumnya selalu rata kiri. Ini Sebenarnya adalah perubahan yang memudahkan pada pengguna dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk penyesuaian, Berguna sekali untuk para pengguna Windows yang menggunakan Layar Monitor besar dan tidak perlu menengok ke pojok kiri layar untuk akses icon-icon aplikasi atau menu yang berada di taskbar.

Taskbar Windows 11 berisi icon-icon seperti, Start, Search, Widget, Desktop, Chat, File manager, Microsoft Store, Microsoft Edge, Email, dan kami juga dapat menyematkan Icon aplikasi lain pada Taskbar. Pada pojok kanan berisi Jam serta tanggal, Icon Speaker volume, serta Icon Panah keatas yang menampilan Icon Aplikasi lainnya. Untuk Jam dan Tanggal apabila di klik akan menampilkan Kalender dan tampilan Notifikasi.

Tampilan notifikasi pada Windows 11 sudah sangat bagus, Menampilan foto / icon aplikasi, nama, serta deskripsi,  pesan. Kamu juga dapat menghapus seluruh notifikasi dengan klik tombol “Clear all” .

3. Widget

Widget windows 11

Fitur-fitur yang terdapat pada windows 11 – Fitur baru yang coba didorong oleh Microsoft pada Windows 11 adalah Widget, Sepertinya para pengguna Windows umum menggunakan Widget pada Windows 7 dan untuk di Windows 10 kebanyakan menggunakan Software pihak ke 3 untuk mendukung tampilan Widget yang beragam dan Menarik, Untuk mengakses Widget kamu bisa Klik icon Widget yang berada di Taskbar.

Disana terdapat Widget Cuaca, Foto, Kalender, Dan Widget berita terupdate. Diantara Widget tersebut kami yakin Widget Cuaca yang paling sangat membantu, Kurangnya adalah saat kamu mengklik widget Berita kamu akan diarahkan ke Microsoft Edge, Dan kami yakin bahwa tidak sedikit pengguna yang kurang nyaman tentang itu.

Kami juga bukan user Windows yang aktif menggunakan Widget, tapi kamu pasti akan mengecek menu Widget dalam beberapa menit dan jika tidak tertarik kamu tidak akan membukanya lagi.

4. Task View dan Snap Assist

Taskview windows

Salah satu area yang banyak difokuskan oleh Microsoft adalah aspek multitasking dan produktivitas Windows 11, yang telah melihat banyak peningkatan hebat yang hampir membuat peningkatan ke Windows 11 layak dilakukan sendiri. Dimulai dengan peningkatan Snap Assist, yang dibangun di atas fitur Aero Snap klasik yang pertama kali diperkenalkan dengan Windows 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu