Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
Penyebab PC/Laptop Blue Screen dan Cara Mengatasinya

Penyebab PC/Laptop Bluescreen Dan Cara Mengatasinya

Penyebab PC/Laptop Blue Screen dan Cara Mengatasinya

 

Pengguna Windows pasti sering mendengar adanya komputer atau laptop yang terkena Blue Screen of Death atau BSOD lebih terkenalnya. Seluruh pengguna Windows mungkin tidak ingin BSOD terjadi pada komputernya. BOSD terjadi karena adanya software atau hardware yang crash atau terjadi kesalahan fatal sehingga membuat sistem harus restart. BSOD tidak seperti komputer hang yang masih bisa diatasi sehingga tidak perlu restart komputer. Jika sudah begini, umumnya laptop/PC jadi tidak bisa dipakai.

Banyak orang yang masih tidak tahu apa penyebab dari BlueScreen dan bagaimana mengatasinya. Berikut beberapa penyebab laptop/PC Bluescreen :

Penyebab Laptop Blue Screen

1. Driver Mengalami Kerusakan

Penyebab laptop Blue Screen ini umumnya menyertakan pesan “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL” dengan kode “0X0000000A” atau pesan “VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE”. Penyebab laptop Blue Screen ini terjadi umumnya karena sistem operasi tidak mendeteksi dengan baik perangkat baru yang dihubungkan sehingga driver yang secara manual atau otomatis di-install mengalami kerusakan (crash).

Hardware bisa jadi penyebab terjadinya Blue Screen, jika kamu menggunakan komputer PC dan mengupgrade salah satu komponen (misalnya VGA Card) biasanya kamu diminta untuk meng-install driver. Driver dimaksudkan untuk “mengenalkan” perangkat keras yang baru kepada sistem operasi sehingga sistem operasi dapat mengenali perangkat tersebut sesuai dengan fungsinya. Jika driver dan sistem yang kamu install tidak cocok maka ada terjadi kerusakan atau eror.

Solusi: Pastikan install driver hardware kamu yang sesuai lalu coba copot dan pasang ulang VGA card serta Audio card kamu, dan jangan lupa pastikan telah terpasang dengan benar.

2. NTFS FILE SYSTEM atau FAT FILE SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Penyebab laptop/PC Blue Screen ini terdapat kerusakan di partisi atau file systemnya. Namun bukan berada di hardsik.

Solusi: Coba periksa apakah kabel SATA/IDE hardisk telah terpasang dengan benar dan cek partisi dengan chkdsk.

3. UNEXPECTED KERNEL MODE TRAP (0X0000007F)

Penyebab laptop/PC Blue Screen :

· Overheat ( suhu pada laptop terlalu panas )

· Overclocking yang berlebihan

· Processor yang corrupt

· BIOS yang corrupt

Solusi: Kamu dapat mematikan (shutdown) laptop/PC terlebih dahulu lalu cek apakah sistem pendingin atau kipas bekerja dengan baik. Jika bermasalah coba tambahkan komponen pendingin.

4. DATA BUS ERROR

Penyebab laptop/PC Blue Screen ini adalah slot atau memory ( RAM ) terdapat kerusakan

Solusi: Coba periksa dan ganti RAM dengan yang baru

5. PAGE FAULT IN NONPAGED AREA

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah terjadi kerusakan pada hardware, utamanya pada Memory (RAM), VGA, dan memory pada processor (L2 cache).

6. INACCESSIBLE BOOT DEVICE

Penyebab laptop Blue Screen ini bisa terjadi karena posisi jumper pada hardisk yang salah lalu bisa juga karena Driver IDE controller yang salah dan Virus Boot sector.

Solusi: Periksa kondisi kabel IDE , bersihkan virus pada boot sector dan atur kebali jumper pada hardisk

7. VIDEO DRIVER INIT FAILURE

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah terjadinya kesalah pada saat installasi driver VGA kamu.

Solusi: Instal ulang driver VGA kamu, pastikan dengan driver yang sudah ter-update.

8. BAD POOL CALLER

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah kesalahan pada saat installasi OS ( biasanya terjadi pada Windows XP)

Solusi: Pastikan kaset CD installer tidak rusak atau corruptcara terakhir untuk memperbaiki bluescreen adalah dengan menginstall ulang laptop. dan pastikan CD windows atau ISO tidak corrupt, jika setelah install ulang juga masih tidak berhasil kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware.

Cara Mengatasi Blue Screen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu