Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
cara mengetahui password wifi laptop komputer pc tanpa alat tambahan

2 Cara Melihat Password WiFi di Laptop dan PC Windows – Mudah!

  1. Home
  2. Blog
  3. 2 Cara Melihat Password WiFi di Laptop dan PC Windows – Mudah!

Sebagai manusia, lupa password WiFi memang sangat lumrah terjadi. Hal ini biasanya sering terjadi karena pengguna terlalu banyak memiliki password, namun kamu tidak perlu khawatir, karena Sodagar komputer akan memberikan 2 cara melihat password WiFi pada perangkat laptop dan PC Windows yang sudah terhubung ke dalam jaringan WiFi tersebut sebelumnya.

Jaringan WiFi memang saat ini lebih disukai oleh banyak pengguna dibandingkan jaringan LAN, karena WiFI dinilai lebih mudah dan lebih simple digunakan untuk pengguna perangkat mobile seperti laptop.

Bagaimana cara melihat password WiFi? Mudah sekali, kamu bisa menemukan password WiFi melalui pengaturan windows dan juga melalui CMD (Command Prompt). dan kamu bisa lakukan ini pada perangkat laptop atau PC yang sudah terhubung ke jaringan WiFi tersebut sebelumnya. Jadi bagaimana caranya? Simak caranya berikut ini.

Cara Melihat Password WiFi Melalui Windows Settings

Cara pertama ini adalah cara cek password WiFi yang paling mudah, bahkan untuk kamu yang sangat awam sekalipun dapat melakukannya. Cukup melalui windows settings tanpa perlu alat tambahan apapun.

  • Pertama, klik menu Start Windows dan pilih Settings.
Windows settings
  • Setelah jendela pengaturan terbuka, pilih Network & Internet.
windows settings internet
  • Klik pada bagian Status, kemudian pilih opsi Change adapter options.
cara mengetahui password wifi laptop yang sudah terhubung
  • Klik pada adaper WiFi dan klik kanan, kemudian pilih Status.
cara mengetahui password wifi laptop windows
  • Setelah jendela Wi-Fi Status terbuka, klik Wireless Properties.
cara hack password wifi laptop
  • Setelah itu, klik tab Security. kemudian ceklis pada opsi Show characters untuk melihat password WiFi.
cara mengetahui password wifi komputer
  • Yang tertera pada kolom Network security key itu adalah Password WiFi benar, harap di simpan dan tidak ditunjukkan ke orang lain.

Cara Melihat Password WiFi Melalui CMD (Command Prompt)

Jadi, cara mengetahui password WiFi yang sangat mudah sekali adalah menggunakan aplikasi Command Prompt atau yang biasa dikenal dengan istilah CMD. untuk kamu yang belum memahaminya bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan teliti.

  • Klik menu Start Windows dan ketikkan CMD pada kolom pencarian, kemudian pilih Run as administrator.
cmd windows
  • Setelah jendela CMD terbuka, ketikkan “netsh wlan show profiles” kemudian Enter. Perintah ini berfungsi untuk mengetahui jaringan WiFi apa saja yang pernah terhubung ke laptop atau PC yang kamu gunakan.
cara mengetahui password wifi command prompt
  • Pilih nama jaringan WiFi mana yang ingin kamu ketahui password-nya.
cmd windows
  • Ketikkan perintah “netsh wlan show profiles [Nama WiFI] key=clear” kemudian tekan Enter. Perintah ini berfungsi untuk menampilan informasi jaringan WiFi yang sudah kamu pilih.
cara mengetahui password wifi dengan mudah
  • Setelah memasukkan perintah diatas, akan muncul informasi seperti ini. cukup lihat pada bagian Key Content, di sanalah kamu akan menemukan password WiFi yang sedang kamu incar. 
cara mengetahui password wifi tanpa alat

Sayangnya, 2 cara melihat password WiFi diatas hanya dapat kamu lakukan pada perangkat laptop ataupun PC yang sedang dan sudah pernah terkoneksi jaringan WiFi tersebut sebelumnya. jika kamu sudah mengetahui password WiFi tersebut, harap jangan membagikannya dan tetap dirahasiakan.

Akhir Kata

Akhirnya saat ini kamu sudah bisa mengetahui cara cek password WiFi pada laptop dan PC. Namun, perlu diingat bahwa tindakan diatas harus dilakukan dengan baik-baik dan telah mengantongi izin dari pemilik jaringan WiFi tersebut. Kami tidak membenarkan tindakan buruk seperti hack jaringan WiFi dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu