Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
mengatasi layar laptop bergaris

6 Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris – Ternyata Gampang!

Tutorial Solusi Cara Mengatasi Layar laptop bergaris – Layar laptop muncul garis horizontal atau vertical adalah salah satu kerusakan laptop yang mengganggu, karena bikin tidak nyaman digunakan. Penyebabnya ada banyak, mulai dari kerusakan software dan hardware. Peran layar atau monitor memang sangat penting, jika terjadi kerusakan seperti layar bergaris akan mengambat pekerjaan.

Yang perlu kita ketahui adalah, Layar laptop bergaris horizontal atau vertical ini sangat umum ditemui. Bahkan bisa terjadi di banyak laptop, laptop Murah ataupun laptop mahal.

Jika kamu sedang mengalami masalah ini, Sodagar Komputer sudah merangkum solusi atau cara serta tutorial mengatasi layar laptop bergaris. Simak Artikelnya!

Sebelum kita bahas cara mengatasi layar laptop bergaris, kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya, Agar kita memahami dan bisa memperkecil peluang untuk terjadi lagi di lain waktu.

Layar laptop bergaris terjadi karena 2 kemungkinan kerusakan, pertama kerusakan pada software yang berkaitan dengan display, seperti driver dan sistem operasi, biasanya terjadi karena driver yang rusak / corrupt ataupun ada update yang tidak berhasil.

Kedua karena kerusakan hardware yaitu komponen layar monitor atau komponen hardware lain yang berkaitan dengan layar itu sendiri, Biasanya terjadi karena penggunaan yang sudah cukup lama atau kerusakan karena human error.

Dengan 2 kemungkinan kerusakan diatas, yang bisa kita pelajari adalah, harus memastikan segala update berjalan dengan lancar dan berhasil, kemudian memastikan layar laptop tidak terbentur, tertekan, dan sejenisnya.

Macam-macam layar laptop bergaris

  • layar laptop blank putih bergaris
  • layar laptop bergaris dan bergetar
  • layar laptop bergaris dan berkedip
  • layar laptop bergaris warna warni
  • layar laptop bergaris horizontal
  • layar laptop bergaris putih
  • layar laptop bergaris hitam
  • layar laptop bergaris merah
  • layar laptop bergaris vertikal
  • layar laptop bergaris hijau
  • layar laptop bergaris pink
  • Mendeteksi apakah layar laptop bergaris disebabkan karena software atau hardware

    Cara mendeteksi kerusakan yang pasti ketika layar laptop kamu mengalami kerusakan bergaris sebenarnya cukup mudah, Ketika garis sudah muncul dari awal saat laptop dihidupkan atau ketika masuk bios, sudah bisa dipastikan kerusakan tersebut terjadi karena hardware layar atau komponen yang berkaitan dengan layar, Karena BIOS memiliki sistem yang terpisah dengan sistem operasi.

    Tetapi, kalau garis hanya muncul dan terlihat saat latop sudah booting kedalam windows atau sistem operasi. kerusakan dipastikan terjadi karena kendala software, seperti gagal update driver atau windows.

    Cara Mengatasi layar laptop bergaris

    Jika kamu mengalami kendala tersebut pada laptopmu, tidak perlu khawatir. Karena, Sodagar Komputer akan memberikan tutorial mengatasi layar laptop bergaris

    Lakukan cara dibawah ini jika kamu memahami laptop, Jika kamu awam dan tidak memahami banyak tentang laptop, Kamu bisa datang ke tempat service laptop. Simak caranya!

    1. Coba restart laptop anda

    restart laptop windows 11 layar bergaris
    Melakukan restart laptop | SODAGAR KOMPUTER

    Cara pertama mengatasi layar laptop bergaris yang perlu kamu coba dalah melakukan restart laptop. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena bisa saja penyebab munculnya garis dilayar terjadi karena ada service yang bermasalah atau crash pada sistem yang sedang berjalan. Jadi, kamu perlu mencoba memulai ulang laptop untuk melihat hasilnya.

    Hal ini bisa kamu coba dan bisa jadi metode awal buat kamu yang baru pertama kali mengalami layar bergaris pada laptop. Tetapi selain itu, ada hal penting yang perlu kamu ketahui, Cara ini hanya berlaku ketika masalah terjadi karena kendala software (perangkat lunak) pada laptop, seperti driver atau sistem operasi.

    2. Update driver Display Adapters

    solusi layar laptop bergaris
    Update driver VGA | SODAGAR KOMPUTER

    Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, kerusakan ini tidak hanya di sebabkan oleh hardware yang rusak. Bisa juga di sebabkan oleh kerusakan software yang salah satunya terjadi kendala pada driver kartu grafis (VGA), untuk menyelesaikan masalah ini kamu bisa coba update Driver VGA. ikuti langkah-langkah dibawah ini :

    • Pertama, klik kanan pada Start menu Windows » pilih Device Manager.
    • Kemudian klik bagian Display Adapter » lalu klik kanan pada driver display yang perlu di update.
    • Jika sudah, pilih Search automatically for drivers.
    • Selanjutnya laptop akan melakukan proses pencarian dan instalasi driver » jika sudah, silakan Anda klik Close.
    • Setelah itu coba restart laptop Anda dan lihat perubahannya.
    • Selesai.

    3. Coba pasang kabel fleksibel baru

    Update driver VGA | SODAGAR KOMPUTER

    Kalau kamu sudah mencoba berbagai cara yang berkaitan dengan software tetapi masih belum teratasi, Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah mengecek kabel flexibel. Kabel flexibel adalah komponen yang menghubungkan motherboard dan layar LCD, jika kabel flexibel terdapat masalah pasti akan membuat tampilan pada layar tidak sempurna.

    Kasus yang sering terjadi adalah tercabutnya kabel flexsibel layar atau posisinya longgar. Kamu dapat memperbaikinya dengan membuka casing laptop kemudian lapas dan pasang kembali kabel flexibelnya.

    Tetapi, jika sudah dipasang kembali namun garis masih muncul pada layar, kamu bisa mengecek kondisi fisik kabel flexibelnya, jika terdapat bagian yang tidak sempurna atau rusak. Kamu bisa coba memasang kabel flexibel yang baru.

    4. Periksa VGA dan RAM laptop

    Cara mengatasi layar laptop bergaris adalah memeriksa VGA dan RAM. Hardware lain pada laptop yang apabila mengalami kerusakan bisa menyebabkan layar menjadi bergaris adalah kartu grafis (VGA) dan RAM. Kartu grafis merupakan komponen yang berfungsi untuk memproses dan menampilkan visual pada layar laptop Anda, sedangkan RAM adalah memori yang diperlukan agar laptop bisa berfungsi. Apabila salah satu atau keduanya mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan layar menjadi bergaris.

    5. Mengganti layar Laptop

    Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, layar laptop bergaris jika sudah muncul pada saat laptop dinyalakan atau di BIOS, bisa terjadi memang Layar LCD nya rusak sehingga memunculkan garis atau dead pixel.

    Jika kamu sudah mencoba berbagai cara namun belum berhasil dan juga sudah memastikan berbagai hardware dalam kondisi baik, tetapi juga tetap belum berhasil. Mengganti layar bisa jadi solusi tepat sehingga laptop kamu bisa menampilan segalanya dengan normal kembali.

    6. Datang ke tempat service

    Solusi terakhir mengetasi layar laptop bergaris, Jika kamu sudah mencoba cara-cara diatas tetapi masih belum menemukan titik terang, sebaiknya masalah yang terjadi pada laptop kamu begitu serius dan membutuhkan tenaga ahli untuk memperbaikinya.

    Untuk itu kamu perlu membawa laptop kamu ke tempat jasa service laptop terdekat, agar masalah layar laptop bergaris yang terjadi di laptop kamu cepat teratasi.

    Penutup

    nah itu tadi 6 Cara mengatasi layar laptop bergaris, Semoga dapat membantu sobat sodagar yang mengalami masalah tersebut.  jangan lupa baca artikel lainnya di blog Sodagar Komputer. Subscribe Sodagar Komputer untuk tips-trik, tutorial, dan update teknologi lainnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Main Menu