Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
mengatasi laptop tiba-tiba mati

7 Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Mendadak – Mudah!

Tutorial Solusi Cara Mengatasi Laptop tiba-tiba mati mendadak – Laptop adalah salah satu alat yang sangat penting bagi kebanyakan orang. Dengan laptop, kita bisa melakukan banyak hal, seperti bekerja, belajar, berkomunikasi, bermain game, dan masih banyak lagi. Namun, laptop juga bisa mengalami masalah, salah satunya adalah mati tiba-tiba. 

Laptop mati mendadak umumnya terjadi pada laptop yang sudah lumayan lama digunakan, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada laptop yang masih sangat baru. kerusakan laptop dengan gejala mati tiba-tiba ini bukan suatu yang langka, kerusakan ini sangat umum terjadi.

Yang perlu kamu ketahui adalah, Laptop tiba-tiba mati mendadak ada banyak penyebabnya, mulai dari terdapat kerusakan pada software, hardware, kesalahan penggunaan, dan ketidakbenaran kita dalam merawat laptop.

Jika kamu sedang mengalami masalah ini, Sodagar Komputer sudah merangkum solusi atau cara serta tutorial mengatasi laptop tiba-tiba mati. Simak Artikelnya!

Berikut ini adalah beberapa penyebab laptop mati mendadak saat sedang digunakan :

1. Laptop Panas (overheat)

Penyebab pertama laptop mati tiba-tiba adalah karena laptop panas atau overheat, Suhu tinggi yang berjalan cukup lama membuat komponen yang ada didalam laptop seperti CPU tidak kuat menahan panas dan akhirnya membuat laptop mati seketika.

2. Masalah Pada Baterai

Penyebab berikutnya adalah adanya masalah pada baterai, Masalah pada baterai yang bisa membuat laptop mati mendadak adalah koneksi baterai dengan motherboard yang kurang baik dan kesehatan baterai yang sudah buruk, dua masalah itu yang akan membuat laptop kehilangan daya tiba-tiba dan laptop akan mati

3. Kerusakan Pada Motherboard

Penyebab berikutnya adalah adanya kerusakan pada Motherboard. Motherboard adalah papan induk yang berisi komponen penting dan bisa dikataka seluruh komponen tambahan seperti keyboard, hardisk, speaker, dll terkoneksi ke motherboard.

Bila motherboard sudah tidak normal dan mengalami arus yang kurang stabil, itu bisa membuat laptop tiba-tiba mati. dan apabila motherboard sudah rusak, laptop bisa saja mati dan tidak bisa dihidupkan.

4. Kerusakan Software

Kerusakan software juga bisa menyebabkan laptop mati mendadak, kerusakan pada windows, driver, atau update yang gagal jadi masalahnya. untuk itu pastikan kamu hati-hati menginstall sesuatu dan datang ke ahlinya jika tidak memahami.

Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati

Jika kamu mengalami kendala tersebut pada laptopmu, tidak perlu khawatir. Karena, Sodagar Komputer akan memberikan tutorial mengatasi laptop tiba-tiba mati.

Lakukan cara dibawah ini jika kamu memahami laptop, Jika kamu awam dan tidak memahami banyak tentang laptop, Kamu bisa datang ke tempat service laptop. Simak caranya!

1. Bersihkan Laptop (Cleaning)

laptop overheat mati tiba-tiba
Proses pembersihkan laptop | Sodagarkomputer.com

Cara pertama mengatasi laptop tiba-tiba mati adalah dengan membersihkan komponen laptop. Laptop panas atau overheat biasanya terjadi karena kipas tidak mampu menjaga suhu dalam titik aman, karena pembuangan udara panas tidak berjalan dengan baik. Kamu bisa coba bersihkan bagian kipas (fan) dan bagian saluran pembuangan udara, umumnya disana terdapat banyak debu yang menghalangi udara panas untuk keluar.

2. Ganti Thermal Paste

ganti thermal pasta laptop mati mendadak
Ganti Thermal Paste | Sodagarkomputer.com

Thermal pasta adalah bagian penting yang menentukan suhu laptop akan panas atau adem. Thermal paste terletak diantara processor dan heatsink atau pipa penghubung yang akan menghantarkan suhu panas ke bagian kipas(fan).

Jika laptop kamu mati mandadak dan laptop kamu terasa sangat panas, kamu bisa coba mengganti thermal pasta dengan yang baru dan kualitas yang lebih bagus. 

3. Tambah Pendingin

cooling pad laptop tiba tiba mati mendadak
Laptop pake Cooling Pad | Sodagarkomputer.com

Cara lain untuk mengatasi laptop yang terlalu panas dan mati yaitu dengan menggunakan pendingin tambahan. Pendingin ini diharapkan bisa membantu suhu laptop tetap stabil. ada beberapa macam pendingin tambahan, seperti penyedot panas dan cooling pad.

tetapi, jika kamu sudah menggunakan pendingin tambahan dan laptop masih suka mati-matian. kamu bisa datang ke tempat service laptop untuk ditangani oleh yang lebih ahli.

4. Cek Kesehatan Baterai

Mengatasi laptop yang tiba-tiba mati yaitu cek kesehatan baterai. Lakukan pengecekan dan perhatikan apakah baterai kamu dalam keadaan normal. Jika charger laptop dan kabelnya kondisi baik, lalu pemakaian beterai dari 100% sampai 0% berjalan dengan waktu yang lama, maka kesehatan baterai normal. Jika pengisian baterai tidak normal, beterai cepat habis, kamu harus segera ganti baterai laptop dengan yang baru.

5. Factory Reset (install ulang)

Jika cara-cara di atas tidak mempan, cobalah untuk melakukan factory reset pada laptop Anda. Factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan pada laptop dan memulihkannya ke pengaturan awal pabrik. ini bisa menyelesaikan masalah jika terjadi kerusakan dan error pada aplikasi, driver, dan lain-lain.

6. Periksa Hardware

Jika masalah belum teratasi setelah mereset laptop, periksa hardware laptop. Coba untuk memeriksa harddisk, RAM, dan kartu grafis. Jika ada tanda-tanda kerusakan pada salah satu hardware tersebut, bisa jadi itulah penyebab laptop kamu jadi mati tiba-tiba.

Kamu bisa melakukan pergantian hardware yang rusak tersebut dengan yang baru agar laptop kamu kembali normal.

7. Datang ke Tempat Service Laptop

Jika cara-cara diatas tidak bisa mengatasi laptop kamu yang tiba-tiba mati. kamu bisa coba datang ke tempat service laptop terpercaya atau kamu bisa juga datang ke Outlet Sodagar Komputer terdekat di kota mu untuk bisa dilakukan pengecekan dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi laptop tiba-tiba mati.

Penutup

nah itu tadi 7 Cara mengatasi laptop tiba-tiba mati, Semoga dapat membantu sobat sodagar yang mengalami masalah tersebut.  jangan lupa baca artikel lainnya di blog Sodagar Komputer. Subscribe Sodagar Komputer untuk tips-trik, tutorial, dan update teknologi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu