Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
tips membeli laptop baru pemula

8 Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula, Jangan Salah Pilih

Sodagarkomputer.com – Tips membeli laptop bagi pemula adalah langkah penting yang perlu kamu ketahui ketika kamu akan membeli sebuah laptop, Laptop bukan hanya sebuah alat teknologi untuk membantu pekerjaan, tetapi juga menjadi teman atau partner untuk hiburan dan segala produktivitas sehari-hari.

Bagi pemula, memahami cara memilih laptop yang tepat wajib kamu ketahui untuk menghindari salah beli atau membeli laptop yang tidak tepat. Sodagar komputer sudah menyiapkan tips memilih laptop yang tepat bagi kamu yang awam dan belum pernah memiliki laptop sebelumnya, agar kamu tidak salah beli dan bisa mendapatkan laptop sesuai kebutuhan.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli laptop? Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat pertama kali membeli laptop, mulai dari spesifikasi, fitur hingga program after sales dari penjualnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah Tips membeli laptop yang tepat untuk pemula.

1. Pahami Kebutuhan Anda

Tips pertama membeli laptop yang tepat bagi pemula adalah memahami kebutuhan. Ketahui terlebih dahulu jenis pekerjaan atau aktivitas apa yang akan kamu lakukan pada laptop tersebut nantinya. Apakah akan digunakan untuk tugas kantoran, editing, gaming atau multimedia, Dengan memahami kebutuhan kamu akan dengan mudah memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan penggunaan kamu.

Dengan memahami kebutuhan juga kamu akan dengan mudah menyaring banyak pilihan laptop yang tersedia menjadi lebih sedikit, karena masing-masing kebutuhan memiliki pilihan laptop yang berbeda-beda.

2. Sesuaikan Budget

Tips beli laptop baru berikutnya adalah menyesuaikan budget atau anggaran yang dimiliki. Dengan memperhatikan budget yang dimiliki kamu dapat membatasi pencarian model laptop yang akan dibeli agar sesuai dengan budget yang tersedia.

Setelah memahami kebutuhan dan menyesuaikan budget, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli laptop yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

3. Perhatikan Sistem Operasi Pada Laptop

tips beli laptop baru yang benar

Memilih sistem operasi yang tepat untuk laptop sangatlah penting, karena sistem operasi yang akan menentukan mudah atau tidaknya laptop untuk di operasikan. Saat ini terdapat beberapa sistem operasi yang populer, seperti Windows, MacOS, Linux atau ChromeOS. Dengan masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

Windows adalah sistem operasi paling populer yang umum digunakan di dunia, mudah digunakan dan terdapat banyak aplikasi yang compatible dengan sistem operasi windows. Linux adalah sistem operasi open source yang umumnya digunakan oleh pengguna yang sudah memiliki pemahaman lebih dapat dunia komputer, hanya saja beberapa program yang kompatibel dengan windows dan MacOS tidak tersedia pada linux.

4. Dimensi dan Ukuran Layar

Tips membeli laptop baru yang tepat berikutnya adalah wajib mempertimbangkan dimensi dan ukuran layarnya. Karena faktor ini yang akan menentukan berat dari laptop itu sendiri. Laptop memiliki beberapa ukuran, seperti 13,3 inci, 14 inci, 15,6 inci hingga 17 inci. Dengan berbagai macam design yang tebal hingga yang slim dan ramping.

Jika kamu memerlukan laptop untuk dibawa bepergian atau membutuhkan portabilitas, laptop dengan ukuran yang lebih kecil seperti 13 inci dan 14 inci akan lebih cocok untuk dipilih karena ukuran tentu lebih ramping dan bobot lebih ringan. Namun, jika kamu memerlukan komputer untuk design, editing atau gaming. Laptop dengan ukuran layar lebih besar tentu akan lebih cocok karena mempermudah akivitas kita.

5. Perhatikan Spesifikasi Lengkap Laptop

tips memilih laptop spesifikasi tinggi

Memperhatikan spesikasi laptop sebelum membeli laptop adalah sebuah keharusan agar tidak salah membeli laptop. Kamu tidak perlu memperhatikan semua aspek, cukup perhatikan spesifikasi teknisnya saja. Seperti CPU, Graphic Card, Kapasitas RAM, penyimpanan internal dan layar. Pastikan kapasitas RAM yang besar untuk menghindari kinerja lambat dan lemot saat multitasking, minimal 8GB.

Pilih laptop dengan penyimpanan SSD karena memiliki kecepatan yang jauh dibandingkan HDD. Untuk layar, umumnya laptop memiliki layar 14 inci dengan resolusi HD itu sudah cukup. Namun rekomendasi sodagar komputer kamu bisa pilih laptop yang memiliki layar dengan resolusi FULL HD dan tingkat akurasi warna yang bagus dan jernih.

tips memilih laptop baru intel dan amd

Untuk processor laptop, pertimbangkan sesuai kebutuhan kamu. Processor kelas bawah seperti intel celeron, intel pentium dan AMD Athlon sudah cukup untuk penggunaan harian, seperti untuk kegunaan anak sekolah dan browsing. Processor kelas Menengah kebawah Seperti Intel Core i3 dan AMD Ryzen 3 sudah cocok untuk kegunaan tingkat lanjut seperti pemakaian untuk anak sekolah dan kuliah. Processor kelas menengah keatas seperti Intel Core i5, AMD Ryzen 5, Intel Core i7, AMD Ryzen 7, Intel Core i9 dan AMD Ryzen 9 umumnya digunakan oleh pengguna dengan kategori penggunaan yang lebih tinggi lagi seperti editing dan gaming.

Jika kamu hobi bermain game atau kamu adalah seorang editor dan desainer, wajib sekali memilih laptop yang mempunya VGA atau diskrit graphics tambahan seperti AMD Radeon, Nvidia Geforce MX series, Nvidia GeForce RTX dan lain-lain. Agar kinerja laptop kamu dapat lebih optimal ketika digunakan.

6. Baterai Laptop

Tips membeli laptop berikutnya adalah pastikan kamu mendapatkan laptop dengan kapasitas baterai yang besar. Kapasitas baterai yang besar akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan laptop dalam waktu yang lebih lama tanpa harus terus mencari sumber daya listrik. Hal ini sangat penting bagi pengguna yang sering bepergian jauh atau sering kerja di luar ruangan dengan mobilitas tinggi.

Memilih laptop dengan kapasitas baterai yang besar juga akan memberikan keuntungan lebih baru penggunanya. Dengan kapasitas baterai laptop yang besar, sangat berguna saat mengikuti presentasi, rapat, atau pertemuan di tempat yang tidak mudah menemukan sumber daya listrik.

7. Beli Laptop yang Bergaransi

Garansi menjadi hal yang tidak kalah penting ketika membeli sebuah produk elektronik, karena dapat memberikan perlindungan dari kerusakan atau masalah teknis yang mungkin dapat terjadi sewaktu-waktu pada laptop yang dibeli.

Dengan membeli laptop yang bergaransi, kamu sebagai konsumen dapat merasa lebih tenang dan tidak khawatir mengenai biaya service laptop jika ada masalah yang muncul pada laptop tersebut. Pastikan kamu mendapatkan waktu garansi yang lama dan syarat klaim garansi yang mudah.

Selain itu, dengan membeli laptop yang bergaransi, kamu juga dapat memastikan bahwa laptop yang dibeli memiliki kualitas yang baik dan terjamin. Hal ini karena produsen atau penjual yang memberikan garansi umumnya telah melewati tahap uji kualitas produk untuk memastikan kualitasnya dapat diandalkan.

8. Beli di Tempat yang Terpercaya

toko laptop komputer jatiwaringin jakarta timur

Kemudian tips membeli laptop yang jangan sampai terlewatkan adalah pilih tempat beli laptop yang terpercaya. Dengan membeli laptop ditempat yang terpercaya dapat memberikan pelayanan yang baik apabila nantinya terdapat kendala pada laptop.

Hal ini sangat penting dipertimbangkan, Tempat beli laptop terpercaya kamu bisa datang ke Sodagar komputer dengan outlet yang sudah tersebar di Jakarta, Bekasi dan Cikarang. Sodagar komputer selalu memberikan Garansi produk Original dengan jangka waktu garansi mulai dari 1 – 2 tahun untuk laptop baru. Beli Laptop di Sodagar komputer juga kamu akan mendapatkan layanan after sales yang terbaik, dengan adanya garansi software selama 3 bulan dan perbantuan klaim garansi jika terjadi kendala pada laptop.

Hal-hal adalah tips membeli laptop yang tepat agar tidak salah membeli, point-point diatas sangat wajib kamu perhatikan agar kamu mendapatkan laptop sesuai kebutuhan kamu. Demikian tips dari Sodagar komputer, baca juga artikel menarik lainnya soal tips dan trik laptop, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu