Sodagar Komputer toko laptop komputer
Apa yang harus dilakukan untuk instal ulang windows

APA YANG HARUS DI LAKUKAN UNTUK INSTALL ULANG WINDOWS

INSTALL ULANG WINDOWS

Banyak alasan mengapa orang melakukan install ulang pada komputer ataupun laptopnya. Ada yang dikarenakan terkena virus, lambat, terlalu banyak software terinstal, ada data yang corrupt, dan masih banyak lagi. Ketika komputer atau laptop kondisi kinerjanya sudah menurun dan sangat parah maka langkah yang meski kita tempuh adalah dengan melakukan install ulang. Dengan catatan kondisi menurun disini bukan disebabkan oleh perangkat kerasnya (hardware). Melainkan kinerja komputer menurun karena terdapat sebagian sistem mengalami kerusakan atau terletak pada perangkat lunaknya (software).

Apapun alasan melakukan install ulang windows, maka sebaiknya kalian harus mempersiapkan beberapa hal dulu. Melakukan install ulang tanpa persiapan yang matang biasanya akan berujung dengan kegagalan. Dengan begitu agar instalasi berjalan lancar, maka kalian persiapkan dulu beberapa hal yang akan kita bahas disini.

  1. Backup DATA

Sangat penting! Kalian harus backup semua data kalian yang terpenting sebelum melakukan install ulang windows. Karena semua data khususnya yang berada di drive C akan hilang (termasuk Desktop, Document, Download, Music, Pictures, dan Videos). Kalian bisa pindahkan seluruh data ke Drive D atau jika kalian ingin membersihkan seluruh partisi, sebaiknya backup data ke media penyimpanan lain seperti Harddisk External atau Flashdisk berkapasitas besar.

  1. Flashdisk / CD berisikan Windows

Ada beberapa cara membuat Installer Windows, bisa dengan Flashdisk atau CD. Pada dasarnya dua cara ini sama saja. Hanya kecepatan memprosesnya saja yang berbeda. Flashdisk lebih cepat dibandingkan dengan CD.

  • File ISO Windows

File Windows bisa kalian dapat di Google atau Website Resmi Microsoft. File ini biasanya berbentuk .ISO

  • Membuat Installer

Setelah mendapatkan ISO Windowsnya langkah selanjutnya yang perlu kita cari adalah software Rufus. Kita rekomendasikan software ini karena sangat simple configurasinya.

  1. Driver

Driver adalah software yang mengontrol atau software yang membuat perangkat keras (hardware) menjadi berfungsi. Jadi driver sangat diperlukan setelah install ulang bahkan saat kalian menambahkan hardware baru. Jika tidak ada driver, ada beberapa hardware yang tidak berfungsi. Seperti resolusi atau kualitas layar tidak bagus, suara tidak keluar, touchpad error, dan lainnya.

  1. Anti Virus

Harus diperhatikan dalam semua perangkat komputer atau laptop bahwa antivirus adalah keamanan utama. Percuma saja bila kalian install ulang windows atau beli komputer baru tanpa diinstallnya antivirus. Antivirus terbaik adalah antivirus yang berbayar. Karena antivirus berbayar semua fiturnya akan didapatkan. Ada beberapa antivirus yang gratis tapi fitur terbaiknya dikunci. Semua Merk atau Jenis antivirus terbaik (Smadav, Avast, AVG, Kaspersky, McAfee, dll). Tapi antivirus terbaik adalah usernya.

  1. Software Pendukung

Software pelengkap ini biasanya kita installkan diakhir setelah proses install antivirus selesai. Adapun beberapa software pendukung ini seperti :

  • Office
  • Pembersih Sampah
  • Pemutar Musik dan Video
  • Editor Musik dan Video
  • Monitoring Hardware

Itulah gambaran jika kalian ingin install ulang komputer atau laptop. Beberapa cara memang sangat sulit untuk dipahami. Tapi jika kalian merasa perlu bantuan, kita dapat membantu untuk memperbaiki komputer atau laptop anda. Install Ulang Windows atau kerusakan lain yang ada pada komputer atau laptop ada, bisa kita cek langsung. Kunjungi Toko Sodagar Komputer terdekat didaerah anda segera untuk menimalisir kerusakan yang lain.

Untuk anda di wilayah Jakarta Timur silahkan kunjungi outlet  kami

di:

  • Sodagar Komputer Pondok Kopi, Jakarta Timur Tlp : 021-86607467
  • Sodagar Komputer Rawamangun, Jakarta Timur Tlp : 021-4702112/29834601

Untuk Anda di wilayah Bekasi dan Cikarang silahkan kunjungi outlet kami

di:

  • Sodagar Komputer Taman Harapam Baru [THB], Bekasi Tlp: 021-88873997/88383821
  • Sodagar Komputer Pekayon, Bekasi Tlp : 021-82436884/82736539
  • Sodagar Komputer Cikarang, Tlp: 021-89117511/89914625

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu