Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
Bug windows 11

Bug Windows 11 Pada Processor AMD Ryzen, Bikin Lemot !

Microsoft Resmi merilis Windows terbaru pada 5 oktober 2021 lalu. Yaitu Windows 11, Banyak user ragu apakah windows 11 ini sudah fix atau masih versi uji coba yang memiliki banyak bug. Namun nampaknya windows 11 ini sudah bukan versi beta karna sudah banyak digunakan pada laptop-laptop keluaran terbaru saat ini dan pengguna windows 10 sudah bisa upgrade ke windows 11.

Belakangan ini ramai para pengguna processor AMD mengutarakan bahwa performa Laptop atau Komputernya seperti menjadi tidak maksimal saat menggunakan windows 11. Sedangkan para pengguna processor intel saat ini masih adem saja tidak mengalami hal yang dialami para pengguna processor AMD. Apakah yang dialami para pengguna AMD ini adalah Bug dari windows 11 ?

windows 11 di AMD

Processor AMD Ryzen | Pixabay.com

Hal yang dialami para pengguna processor AMD tersebut ternyata benar itu adalah Bug windows 11 pada processor AMD, AMD telah mengkonfirmasi pada sebuah halaman support menganai bug yang ternyadi para processor AMD. Bug tersebut menyebabkan processor AMD yaitu amd ryzen tidak bekerja sebagai mestinya karna terjadi beberapa kendala.

Permasalahan pertama terjadi pada Latency L3 cache yang bekerja 3x lebih lambat saat berjalan di windows 11, AMD mengkonfirmasi hal ini menyebabkan performa processor AMD Ryzen menurun mulai dari 3% sampai 5% saat menjalankan beberapa aplikasi dan game. Bahkan untuk masalah ini jauh tarasa efeknya pada saat menjalan Game, AMD mengatakan penurunan performa processornya bisa mencapai 10% hingga 15% pada beberapa judul game. Namun sudah ada solusi untuk permasalahan ini yaitu AMD menyarankan para penggunanya untuk menginstal update dari windows 11 dengan ID 5006746.

Solusi untuk permasalahan pertama memang sudah ada, Akan tetapi Bug pertama yang terjadi Windows 11 tersebut masih menghantui para pengguna processor AMD. Para pengguna processor AMD merasa performa processornya masih belum maksimal walau sudah menginstal update dari windows 11 yang disarankan oleh AMD.

bug windows 11

Windows 11 BUG L3 Cache | Tom’s HARDWARE

Permasalahan kedua berkaitan pada sistem pemilihan Inti CPU yang diprioritaskan untuk menjalankan aplikasi (preferred core). Dampaknya performa Aplikasi yang sensitif terhadap kinerja Core atau Threads CPU bisa ikut terpengaruh. Akan tetapi permasalahan kedua ini lebih spesifik, AMD mengatakan bahwa permasalahan kedua ini akan dapat sangat terasa dampaknya pada processor AMD yang memiliki Core CPU lebih dari 8 Core dan memiliki TDP lebih dari 65 watt.

AMD juga sudah memberikan Solusi untuk mengatasi permasalah kedua, yaitu dengan menginstal paket driver versi 3.10.08.506. Processor AMD yang terdampak salah satu atau kedua dari masalah diatas mencakup Ryzen 2000, 3000, 4000, 5000 series, Permasalahan Bug windows 11 pada processor AMD ini cukup membuat AMD khawatir kepada para pengguna processor AMD, karna kita tau bahwa pengguna processor AMD cukup banyak dan pasti yang mengalami Bug windows 11 pada processor AMD tidak sedikit.

AMD sudah mengkonfirmasi bahwa pihaknya sedang bekerja sama dengan Microsoft untuk mengatasi permasalahan tentang penurunan performa pada beberapa produk processornya saat menggunakan Windows 11. Dan Kabar terbarunya, Update windows 11 KB5006746 telah berhasil sepenuhnya mengatasi permasalahan pertama dan update driver Chipset AMD 3.10.08.506  telah sepenuhnya berhasil mengatasi masalah kedua. AMD dan Microsoft menyarankan para pengguna Processor AMD untuk mengupdate windows 11 mereka dan menginstal paket driver tersebut untuk mengatasi Bug windows 11 pada processor AMD tersebut

Dapatkan Update berita teknologi terbaru dan menarik lainnya cuma di Sodagarkomputer.com,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu