Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
cara mengatasi ram laptop penuh

Penyebab Dan Solusi RAM Laptop PC Penuh – Terbukti Ampuh

Mengatasi RAM Laptop PC penuh – Sebagai pengguna komputer PC Desktop atau Komputer mobile seperti Laptop, Notebook, dll, pasti pernah merasakan moment dimana kondisi RAM terasa penuh sekali, yang membuat performa komputer atau laptop terasa menjadi lemot.

Tidak sedikit juga yang langsung mencari solusi atas masalah ini, dan tanpa mengurangi rasa hormat terkadang malah mendapat solusi yang justru salah dan malah akan makin menyiksa komputer atau laptop itu sendiri.

Fungsi RAM (Random Access Memory)

Sebelum ke solusi mengatasi RAM laptop penuh, kita harus memahami fungsi RAM itu sendiri. Fungsi RAM (Random Access Memory) adalah sebagai penyimpanan sementara yang disinggahi software aplikasi untuk membantu segala proses yang sedang berjalan pada software aplikasi tersebut. Mudahnya, Software Aplikasi yang sedang kamu buka sedang berjalan di atas RAM.

Masalah RAM Laptop PC Penuh

Kebanyakan pengguna komputer dan laptop masih salah paham tentang penyebab RAM laptop penuh, yang di pikirkan pertama kali biasanya karena virus, padahal bukan tentang itu saja, banyak faktor penyebab RAM laptop penuh. Ada juga yang malah menginstall aplikasi-aplikasi pembersih yang justru malah menambah berat sistem komputer itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini, Sodagar Komputer akan membagikan solusi RAM laptop yang penuh, simak artikelnya sampai habis!

Penyebab RAM Laptop & Komputer Penuh

Sebagai pelengkap, Sodagar Komputer juga memberikan sedikit info mengenai penyebab RAM laptop atau komputer yang penuh. Mungkin penyebab-penyebab dibawah ini yang dialami laptop kamu.

  1. Kapasitas RAM yang Kurang

Kapasitas Memory RAM sangat berpengaruh pada performa komputer. Jika kamu menggunakan kapasitas RAM yang kecil, tentu memori RAM yang kamu gunakan akan cepat penuh.

Sehingga ketika kamu menjalankan software akan membutuhkan waktu yang lama dalam proses membukanya. Software aplikasi dengan versi yang lebih baru juga dapat memakan banyak kapasitas RAM dibandingkan software versi lama, Jadi lebih bijaklah dan jangan terus menerus mengupgrade software yang kamu gunakan.

Jika kamu menjalankan software versi terbaru dengan kapasitas RAM yang kecil, makan tidak aneh ketika komputer mengalami lag atau lemot. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa tetap menggunakan software versi sebelumnya atau versi yang lebih lama.

2. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Sesuai yang sudah kami jelaskan di awal, fungsi RAM adalah untuk mendukung aplikasi yang sedang berjalan untuk membantu segala proses yang ada pada software itu. dengan gambaran diatas kamu bisa dengan bijak mengurangi penggunaan aplikasi, mengurangi multitasking yang biasanya menggunakan aplikasi lebih dari 3 secara bersamaan, jika kondisi RAM penuh kamu bisa menguranginya menjadi hanya 2 aplikasi atau 1 saja. dengan cara ini kamu sudah dapat mengurangi penggunaan RAM secara instant

Cara Membersihkan RAM Laptop & Komputer

Ada banyak cara untuk melonggarkan RAM agar tidak terus penuh, Cara-cara yang Sodagar Komputer berikan disini berfokus pada kondisi RAM yang penuh dan berupaya tidak membuat kondisi laptop semakin tersiksa, Selamat mencoba!

1. Matikan Proses di Task Manager

Cara pertama untuk melonggarkan RAM adalah dengan mematikan program yang memakan resource RAM cukup besar, Aplikasi startup, dan aplikasi yang tidak kamu gunakan di Task manager.

kamu bisa membuka Task Manager pada Windows dengan mencari di kolom pencarian windows “Task Manager” , dan disana akan tampil seluruh aplikasi yang sedang berjalan beserta besaran resource yang digunakan. Kamu bisa cari aplikasi yang berjalan di background yang tidak penting. Kemudian “klik” untuk memilih aplikasi yang ingin di stop, dan klik tombol End “Task“.

Ram laptop penuh task manager
Processes Task Manager

Dengan cara seperti itu kamu sudah bisa menghentikan aplikasi yang berjalan di background.

Kemudian mematikan aplikasi startup, pada “Task Manager” tadi kamu pilih tab “Startup“, disana akan tampil seluruh aplikasi startup. Aplikasi startup adalah kumpulan aplikasi yang langsung terbuka pada saat laptop dinyalakan, padahal belum tentu digunakan dan ini cukup memakan RAM yang besar.

Cara mematikan aplikasi startup kamu cukup klik untuk memilik aplikasinya, kemudian klik tombol “Disable“. dengan cara ini aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan lagi langsung terbuka pada saat laptop atau komputer baru dinyalakan.

ram laptop penuh matikan app startup
Startup Task Manager

2. Uninstall Program Yang Tidak Penting

Cara berikutnya untuk mengurangi pemakaian RAM adalah dengan menghapus program aplikasi yang tidak penting atau tidak lagi digunakan. Ini dapat memberikan efek dikarenakan untuk beberapa aplikasi terkadang membawa software lain yang berjalan di background dan ini juga memakan RAM.

untuk menghapus Software aplikasi yang tidak lagi digunakan, kamu bisa langsung menuju ke menu Setting > Apps > Apps & Features.

kemudian anda bisa sort by install date untuk melihat daftar aplikasi berdasarkan tanggal di install untuk mengetahui aplikasi yang tidak lagi dipakai. Jika sudah menemukan, Kamu bisa klik pada aplikasinya kemudian pilih “Uninstall“.

Uninstall Aplikasi

3. Tambah Memory Virtual

Solusi terakhir yang bisa kamu coba untuk mengatasi RAM yang penuh adalah dengan menambah virtual memori. Dengan menambah virtual memori dalam membantu menambah kinerja RAM agar tidak cepat penuh dan lebih stabil.

Sebenarnya windows udah membagikan alokasi secara otomatis, Tetapi kamu bisa menambahkannya. Berikut cara menambah memory virtual windows :

  • Silahkan masuk pada Control Panel > System and Security.
nambah memory virtual windows RAM penuh
Menambah Memory Virtual
  • Kemudian pilih menu System > Advanced System Settings > Advanced, Kemudian pilih “Settings” pada sub menu Performance.
  • Pilih menu Advanced > Virtual memory > Change.
Menambah Memory Virtual
  • Hapus centang pada “Automatically manage paging file size for all drives” kemudian pilih “Custom size
  • Silahkan masukkan besaran memory kemudian pilih “Set“, Jika semuanya sudah silahkan klik “OK” pada bagian bawah.

4. Menambah Kapasitas RAM

Jika seluruh cara sebelumnya sudah kamu lakukan tetapi kondisi pemakaian RAM masih selalu penuh, yang bisa kamu lakukan hanya menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar.

Ini dikarenakan kondisi hardware yang sudah tidak mumpuni menjalankan software-software terbaru dan berat, dengan menambah RAM dapat membantu kinerja laptop atau komputer menjadi lebih stabil dalam menjalankan aplikasi.

Untuk di tahun 2022 dengan kondisi software aplikasi yang semakin berat dan terbaharukan, minimal laptop atau komputer memiliki RAM sebesar 8GB, jika saat ini kondisi RAM kamu dibawah 8GB seperti 4GB kamu bisa upgrade menjadi 8GB, tetapi jika RAM laptop kamu saat ini dibawah 4GB kamu perlu mempertimbangkan untuk membeli yang baru dan kami pastikan laptop atau komputer kamu sudah tidak worth it digunakan lagi.

Penutup

Nah itu tadi cara mengatasi RAM laptop atau komputer yang penuh, permasalahan memang banyak sekali di alami oleh pengguna komputer. Semoga solusi dan penjelasan yang Sodagar Komputer berikan dapat membantu Sobat sodagar dimanapun berada. jangan lupa baca artikel lainnya di blog Sodagar Komputer, Subscribe Sodagar Komputer untuk dapet informasi menarik seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu