Sodagar Komputer toko laptop komputer
Perbebedaan chromebook

Perbedaan Chromebook dengan Laptop Biasa, Mana Yang Lebih Bagus

Mengenal Chromebook

Chromebook Sebenarnya bukan sebuah hal baru, Chromebook sudah ada sejak tahun 2011 dan mulai terdengar luas sejak pemerintah Republik Indonesia memutuskan untuk membagikan Chromebook ke berbagai sekolah di Indonesia. Chromebook adalah komputer portable sama halnya seperti Laptop, Notebook, Netbook, Dll. Namun Chromebook menggunakan Sistem Operasi milik Google yaitu ChromeOS, Sistem operasi miliki google dengan sistem penyimpanan cloud dan dapat menginstal Aplikasi android.

Sudah banyak Brand Laptop terkenal yang memiliki produk Chromebook Mulai dari Asus, Acer, Hp, Lenovo, Samsung, Dll. Buat kamu yang mau beli Chromebook wajib banget untuk tau terlebih dahulu perbedaan Chromebook denga laptop biasa biar tidak salah beli.

Perbedaan Chromebook dengan Laptop Biasa

Berikut Perbedaan Chromebook dengan Laptop biasa, Wajib kamu tau !

1. Perbedaan Sistem Operasi

perbedaan Chromebook ChromeOS
Chrome OS | pointstar.co.id

Perbedaan pertama dan paling mencolok terdapat pada perbedaan Sistem Operasi yang digunakan, Laptop pada umumnya menggunakan Sistem Operasi Windows, Ubuntu, Dll. Sedangkan Chromebook menggunakan sistem operasi milik google yaitu Chrome OS yang dikatakan Google sebagai Sistem Operasi terbaik dengan kemudahan pengguna, Kecepatan, Dan keamanan yang terbaik. 

Apakah Chrome OS sama dengan Windows ? Jawabannya adalah Tidak. Pada sistem operasi Windows milik Microsoft contohnya pengguna dapat menginstal Software dengan format .exe sedangkan pada Chrome OS yang terdapat pada Chromebook itu tidak dapat dilakukan. Chromebook bisa dibilang mengandalkan Software aplikasi milik Google itu sendiri Google Chrome, Gmail, Google Docs, Google Sheets, Google Files, Google Play Music, Google Drive, Dan lainnya.

2. Bisa Instal Aplikasi Android

aplikasi android chrome os
Play store Chronme OS | Google Keyword

Kangan kaget karena Chrome OS bisa menginstal Aplikasi Android, Pada Chrome OS terdapat Banyak sekali Aplikasi milik Google termasuk juga Google Play Store ,  Pada Chrome OS Google Play Store berisikan aplikasi yang support pada Chrome OS saja yang artinya tidak semua aplikasi Android yang kamu temukan pada Google play store di smartphone kamu ada pada Google play store di Chrome OS.

Ini juga sebagai Solusi alternatif dikarenakan Chrome OS tidak dapat menginstal Software aplikasi dengan format .exe . Dengan ini kamu bisa menginstal aplikasi yang sama seperti versi windows namun versi Android. Walaupun belum banyak Aplikasi yang menyediakan versi Androidnya.

Sebuah Hal yang baru diberikan oleh Google pada Chrome OS, Karena untuk menginstal aplikasi Android pada Laptop yang menggunakan Sistem operasi windows kita perlu menginstal Software aplikasi pihak ke 3 yang nantinya berfungsi sebagai emulator Android dan pengguna dapat menginstal Aplikasi Android didalam emulator tersebut.

3. Spesifikasi Cenderung rendah

Chromebook spesifikasi
Chromebook | Google.com

Dengan menggunakan Chrome OS dan dapat menjalankan Aplikasi Android lantas seperti apa rata-rata Spesifikasi yang dimiliki oleh Chromebook ? Kebanyakan Chromebook memiliki spesifikasi yang cenderung rendah akan tetapi tidak menutup kemungkinan kedepannya akan hadir Chromebook dengan spesifikasi Tinggi untuk kebutuhan yang lebih kompleks.

Kebanyaka Chromebook yang beredar di pasaran menggunakan Processor Intel Celeron atau AMD A4 yang merupakan processor dual core, Ram 4 GB, dengan tipe penyimpanan eMMC berkapasitas mulai dari 32 GB sampai 64 GB.

Kenapa Chromebook hanya memiliki media penyimpanan eMMC dengan kapasitas yang kecil ? Karena Chromebook banyak bergantung pada aplikasi milik google yang berbasis Cloud. Hasilnya, tidak banyak data yang disimpan pada penyimpanan internal dan kebanyakan berapa di Cloud penyimpanan milik Google. Dengan Spesifikasi rendah tentu Chromebook tidak bisa digunakan untuk keperluan Editing Foto maupun Video ditambah Aplikasi editing yang tersedia pun tidak terlalu berat dan tentu memiliki batasan fitur yang umumnya di jumpai pada aplikasi editing seperti Adobe, Corel, Dll pada Windows.

4. Ketergantungan Pada Jaringan Internet

Chromebook dan laptop internet
Chromebook

Perbedaan Chromebook dengan laptop berikut ini mungkin menjadi yang paling wajib kamu pertimbangkan jika ingin memiliki Chromebook, Sebab Chromebook sangat bergantung sekali dengan jaringan internet. Karena Chromebook banyak menggunakan aplikasi berbasis Cloud dari Google sebagai media menyimpanan data, Oleh karena itu sangat diperlukan sekali jaringan internet untuk membuka dan menyimpan data tersebut.

Jika tidak terkoneksi jaringan internet tentu akan ada banyak fitur ada aplikasi yang tidak dapat kamu buka pada Chromebook, Walaupun saat ini Google sudah mengurangi ketergantungan pada jaringan internet tetapi karena Chromebook ini didesign untuk terus terkoneksi jaringan internet dengan kapasitas penyimpanan kecil tentu tetap diperlukan koneksi internet.

5. Perbedaan harga

Perbebedaan chromebook
ASUS Chromebook C425 | Asus.com

Lalu bagaimana dengan harga jual dari Chromebook ? Harga adalah faktor penting yang menjadi pertimbangan saat ingin membeli sebuah gadget. Dengan spesifikasi yang cenderung rendah tentu chromebook memiliki harga jual yang lebih mudah daripada Laptop standar, Untuk Saat ini kamu bisa membeli Chromebook mulai dari 4jutaan saja.

Chromebook memang diperuntukan buat kamu yang melakukan aktivitas komputasi standar, Seperti Olah data ataupun entertainment seperti Browsing dan update sosial media. Chromebook ini cocok banget kamu beli daripada harus membeli laptop dengan harga yang lebih tinggi.

Sekarang sudah tau kan perbedaan Chromebook dengan laptop biasa, Menurut kamu mana lebih cocok buat kamu ? Subscribe Sodagar Komputer untuk dapetin update informasi terbaru, Tips Trik, dan info seputar teknologi lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu