Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
perbedaan emmc dan SSD

Perbedaan eMMC dan SSD – Simak Keunggulannya

Perbedaan eMMC dan SSD – Storage atau media penyimpanan merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat seperti Komputer, laptop, smartphone dan lain-lain. semua hal seperti foto, video, dokumen dan lain-lain akan tersimpan di dalam komponen yang namanya storage atau media penyimpanan. tanpa adanya sebuah penyimpanan, maka sebuah laptop tidak akan dapat anda gunakan.

Storage atau media penyimpanan memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan pada Laptop, misalnya HDD, SSD, eMMC, dan lain-lain. Kali ini kami ingin membahas tentang apasih bedanya eMMC dan SSD ? simak keunggulannya.

 

Apa itu eMMC ?

eMMC merupakan kepanjangan dari Embedded Multi Media Controller. Fungsi eMMC sendiri adalah sebagai media penyimpanan berkecepatan tinggi dan sekaligus sebagai modul controller. Saat ini eMMC banyak digunakan hp pintar (smartphone), kamera digital, tablet, sistem navigasi (GPS), media player, dan laptop murah. Secara umum, eMMC bisa dibilang sebagai memori penyimpanan internal.

perbedaan emmc dan SSD
komputerkiezen.nl

Dulu kita mengenal istilah MMC (Multi Media Card) atau kartu penyimpanan eksternal di gunakan untuk hp jadul seperti Nokia Symbian,  tapi sekarang MMC sudah berevolusi menjadi eMMC. MMC pada Hp pintar atau smartphone saat ini sudah ditanam langsung ke dalam motherboard. Oleh karena itu, istilah MMC kini ditambahkan huruf “e” yang artinya “embedded.” eMMC menggunakan NAND Flash Memory dan cara kerja yang mirip seperti flashdisk, SD Card, atau SSD. Bentuk eMMC seperti chip dan ditanam langsung ke dalam motherboard.

Apa itu SSD ?

apa itu ssd
sodagarkomputer.com

Seperti yang kami bahas di blog sebelumnya,  SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, Yaitu Alat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk penyimpan data dan informasi. Sebagai gambaran, Kita mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya USB Flash Drive tau Flashdisk, Sebuah media penyimpanan data yang kecil dan sering dibawa kemana-mana, Yang dicolokkan ke Port USB saat ingin menggunakannya. SSD bisa dibilang adalah versi canggih dari USB Flash Drive (Flashdisk), Dengan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti penyimpanan data pada laptop, Komputer, dan lainnya. Jadi, Dapat disimpulkan, SSD adalah perangkat media penyimpanan data seperti HDD (Hardisk) namun memiliki kontruksi seperti Flashdisk yang menggunakan susunan IC sebagai memori penyimpanan.  untuk lebih rincinya silahkan lihat di blog kami sebelumnya yang membahas secara detail apa itu SSD.

Perbedaan eMMC dan SSD.

Kita mulai masuk ke topik inti dari blog ini yaitu “Perbedaan eMMC dan SSD”. eMMC dan SSD memiliki konsep yang sama tapi ada perbedaan yang menonnjol antara eMMC dan SSD. 

Tapi, bukan sekedar kecepatan saja yang mempengaruhi performa. eMMC biasanya beroperasi dengan gerbang memori yang lebih sedikit daripada SSD, artinya keduanya bisa memindahkan file dengan kecepatan yang sama, tetapi dalam volume yang berbeda. Perbedaan ini akan terlihat saat kamu mengoperasikan banyak file atau software sekaligus. Dimana kamu akan merasakan penurunan kecepatan yang signifikan di eMMC. Selain itu, kecepatan baca PCIe SSD terbaru sudah mencapai 3,2GB/s lho. Artinya SSD memiliki potensi kecepatan yang jauh lebih tinggi dari eMMC yang versi paling tingginya mentok di 400MB/s.

Analogikan saja seperti ini. Ada dua buah jalan. Jalan pertama (eMMC) adalah jalan kecil di pedesaan dengan dua jalur. Jalan kedua (SSD) adalah jalan tol dengan banyak jalur. Jika hanya satu atau dua mobil mungkin bisa sama cepatnya, tapi kalau ada ratusan mobil? Di jalan pertama macet, di jalan kedua masih lancar.

eMMC

perbedaan emmc dan SSD
partitionwizard.com
  1.  eMMC memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan SSD, karena SSD memiliki kecepatan kerja rata-rata yang lebih kencang daripada eMMC.
  2. Lebih pas jika digunakan untuk file-file kecil dan kerja ringan seperti browsing atau mengedit dokumen.
  3. Biasa digunakan di smartphone, tablet, atau laptop ukuran kecil.
  4. eMMC umumnya memiliki kapasitas penyimpanan yang tidak terlalu besar, biasanya sekitar 32GB, 64GB, 128GB dan 256GB.

SSD

  1. SSD lebih Cocok untuk digunakan kerja dengan software berat seperti After Effect, Premiere Pro dan sekelasnya.
  2. Kapasitas maksimal SSD lebih besar dibandingkan dengan eMMC. Umumnya SSD memiliki kapasitas penyimpanan antara 128GB sampai 4TB.
  3. SSD memiliki harga yang bervariasi. SATA SSD memiliki harga yang lebih murah dibanding PCIe SSD. Tapi rata-rata kecepatan baca tulis SATA SSD lebih pelan daripada PCIe SSD.

KESIMPULAN

Perbedaan eMMC dan SSD – Jadi kesimpulannya adalah, SSD masih lebih diunggulkan dari eMMC dari segi kecepatan. Jadi, haruskah menghindari dan tidak menggunakan eMMC?  Tidak juga, ada sektor yang akan bagus ketika menggunakan eMMC, misalnya saja pada ponsel, tablet atau laptop yang memiliki ukuran kecil. Selain itu, jika anda ingin menggunakannya pada Laptop sebaiknya hanya digunakan untuk pekerjaan ringan. Sebaliknya, jika kebutuhan anda menggunakan laptop untuk pekerjaan berat seperti main game, edit video, dan pekerjaan berat lainnya maka sebaiknya menggunakan penyimpanan SSD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu