Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
Tips Merawat Laptop awet dan tidak cepat rusak

10 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips merawat laptop supaya awet – Banyak dari kita para pengguna laptop yang masih bingung, bagaimana cara merawat laptop supaya awet dan tidak cepat rusak. karena masih banyak yang bingung, akhirnya banyak juga yang menggunakan laptop dan memperlakukannya asal-asalan, sehingga mudah rusak dan tidak awet.

Akibat dari memperlakukan laptop asal-asalan adalah usia laptop yang jadi semakin pendek. baru pakai beberapa bulan sudah panas, kotor, overheat, atau parahnya mati total dan tidak bisa digunakan. untuk itu penting sekali untuk tau cara merawat laptop yang benar agar laptop kesayangan kita tetap dapat terus digunakan dengan nyaman.

Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara merawat laptop?  mimin sodagar komputer sudah merangkum 10 Tips yang bisa kamu terapkan untuk bikin laptop kamu jadi awet, gak mudah rusak, dan tetap nyaman terus digunakan bertahun-tahun.

ini dia tips-tips yang bikin laptop kamu tetap awet, simak sampai akhir..!

1. Kalo Ngecas Hati-hati dan rapih

cara ngecas laptop yang benar

Kenapa harus hati-hati? Kita semua tau kalo charger laptop ini kabelnya panjang. Kadang jarak colokan listrik dengan posisi laptop jauh, atau malah antar meja, yang bikin kabelnya malang melintang. Itu berpotensi nyandung kaki, dan bahayanya kalo ini terjadi dalam keadaan sedang ngecas nanti laptopnya bisa ketarik dan jatoh. Ada juga yang colokan listriknya dibawah meja dan laptopnya diatas meja. Terus kabelnya ini gak di lipet di biarkan begitu aja. Itu bisa aja ke injak sama kaki kursi atau ke tindihan barang.  Itu bikin rusak kabel chargernya.

2. Sleep dan Hibernate Laptop tidak masalah, tapi...

sleep hibernate laptop

Menggunakan fitur Sleep & Hibernate di Laptop tidak masalah, yang jadi masalah ketika dalam kondisi sleep trus kamu masukin tas terus naik motor keluar di siang hari macet-macetan, Karena itu akan membuat suhu laptop menjadi tinggi.

Jadi, laptop yang di sleep itu masih memakan daya walaupun kecil. sedangkan hibernate adalah memindahkan proses yang ada di RAM ke dalam hardisk atau storage, kemudian semua komponen akan diistirahatkan, dan saat laptop dihidupkan kembali, proses yang sudah dipindahkan ke dalam hardisk akan di panggil lagi ke RAM dan hasilnya kamu tidak perlu memulai sistem dari awal.

Jadi sleep dan hibernate boleh? Boleh saja, tapi jangan berlebihan. Kalo memang laptop mau ditinggal dalam waktu yang lama, atau mau di bawa bepergian yang kondisinya gak memungkinkan untuk laptop standby, Bagusnya di shutdown.

3. Jangan Gunakan Laptop di kasur/permukaan yang empuk

Tips Merawat Laptop awet

Tips merawat laptop supaya awet – Dikarenakan kebanyakan laptop memiliki lubang intake dibagian bawah, maka jangan sampai bagian bawah laptop tidak mendapatkan ruang udara. Hal ini yang menjadikan alasan kamu harus menghindari menggunakan laptop di atas kasur atau di permukaan apapun yang empuk.

Jika kamu melakukan itu, dapat menyebabkan suhu laptop stabil di angka yang tinggi dan kalo itu berjalan jadi kebiasaan, nanti laptop bisa overheat dan tiba tiba mati. Kalo udah mati kadang dihidupin susah karna suhunya masih tinggi dan ada juga yang dihidupin dia mati lagi. Sebenernya gak cuma kasur atau bantal aja,di permukaan apapun yang bisa menutup jalur intek itu sebaiknya dihindari.

4. Jangan memasukkan laptop kedalam tas bersamaan dengan charger atau barang lain

Tips Merawat Laptop awet

hal kecil tapi penyebabnya beneran ada. Hindari memasukkan laptop kedalem tas bersamaan dengan charger, mouse, botol minum, kotak makan, dan benda lainnya. Sebaiknya gunakan tas yang memiliki pembatas di dalamnya, sehingga laptop tidak bersentuhan langsung dengan benda lain.

Kelebihannya, laptop kalian bakal lebih aman karena gak bersentuhan langsung dengan benda lain. Hasilnya laptop kalian bakal minim baret atau luka gitu. Sekaligus meminimalkan kerusakan kalo misalkan tas kalian yang ada laptopnya mendapatkan tekanan.

5. Jangan paksa jalankan Aplikasi atau Game berat

Tips Merawat Laptop awet

Tips merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak – Banyak sekali yang mengeluh laptopnya lemot tetapi penggunanya berlebihan. Jadi, software aplikasi atau game itu, masing masing punya spesifikasi requirement, ada minimum dan recomendasi spesifikasinya.

Kalau spesifikasi laptop yang kita miliki tidak masuk kedalam spesifikasi requirement sebaiknya jangan diinstal, karena sudah di pastikan tidak akan berjalan dengan lancar. Lalu, kalau masuk sebagai minimum requirement bagaimana? tetap harus bijak-bijak, misalkan game. Contoh, mau install sebuah game dan ketika liat spesifikasi requirement, masuk tapi di minimum requirement, Tetapi pada saat menjalankan gamenya, dijalankan dengan setting yang tinggi. itu tetap saja tidak baik.

6. Perlakukan dengan hati-hati, Laptop yang masih menggunakan Hardisk

Tips Merawat Laptop awet

Hardisk adalah tipe storage laptop atau komputer yang tidak tahan terhadap guncangan atau benturan, dalam kondisi mati dan menyala tetap dapat menyebabkan kerusakan.

Hindari memindahkan laptop yang masih menggunakan hardisk dalam keadaan menyala dan jangan sampai membawa laptop sambil berlari-lari. itu dapat merusak hardisk jika terlalu sering dilakukan.

7. Hindari menggunakan laptop sambil makan dan minum

Tips Merawat Laptop awet

Salah satu tips merawat laptop supaya awet adalah hindari makan dan minum dekat dengan laptop. Hal ini adalah kebiasaan banyak orang termasuk mimin sodagar komputer.

Kenapa harus di hindari? saat kita makan terkadang ada serpihan-serpihan makanan yang jatuh, untuk menghindari serpihan makanan itu jatuh ke bagian keyboard dan mengundang serangga untuk datang, karena itu dapat merusak keyboard. Kalau minum sebaiknya di letakkan berjauhan, walaupun sudah hati-hati apapun bisa terjadi.

8. Perhatiin suhu Laptop dan harus peduli

laptop overheat

Pada saat laptop sedang digunakan, Suhu nya sudah pasti akan melonjak walaupun tidak selalu tinggi. Tetapi, lama-kelamaan suhu puncaknya akan semakin tinggi seiring dengan penggunaan.

Untuk beberapa laptop yang digunakan untuk gaming, editing, dan rendering. Suhunya akan lebih cepat panas dan overheat walaupun tidak sampai 2 atau 3 tahun.

Ketika suhu laptop panas, sebaiknya diistirahatkan atau gunakan coolind pad untuk membantu menurunkan suhu supaya kembali ke titik aman. Namun jika tidak menjadi solusi, sebaiknya datang ke tempat service laptop untuk melakukan re-pasta atau cleaning hardware.

9. Jaga kebersihan

Tips Merawat Laptop awet

Hindari main laptop di permukaan yang kotor. Terkadang kita suka lupa untuk membersihkan meja dan langsung meletakkan laptop diatasnya. debu-debu itu akan masuk dan berkumpul didalam laptop dan membuat laptop menjadi panas dan overheat.

yang perlu diingat, laptop tidak dapat membersihkan dirinya sendiri, walaupun di tahun 2023 ini sudah ada beberapa laptop yang memiliki fitur self cleaning, tetapi itu tetap tidak optimal. Jika sudah terlanjur kotor baiknya datang ke tempat service laptop untuk membersihkan hardware.

10. Hindari Software Bajakan atau Crack

Tips Merawat Laptop awet

Menghindari software bajakan itu penting guys. Software bajakan itu seringnya kan download dari internet tuh ya. Misalkan search “download software A full crack”.

Nah sofware kaya gitu bisa berpotensi membawa virus didalamnya.

Kalo udah kena virus mau gamau reset atau install ulang, nah keseringan kaya gitu juga gak bagus.

Karena ada beberapa kejadian kalo laptop kena virus itu, load nya tinggi banget, jadi load CPUnya 100% suhunya tinggi, kinerjanya lemot, macem-macem. Jadi kurang nyaman di gunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu