Sodagar Komputer toko laptop komputer
Tips Memilih Modem 4G Agar Tepat Sesuai Kebutuhanmu

8 Tips Memilih Modem 4G Agar Tepat Sesuai Kebutuhan

8 Tips memilih modem 4G  agar tepat sesuai kebutuhanmu – Modem adalah alat yang fungsinya menerima sinyal untuk berinternet. Oleh karena itu, memilih modem yang tepat juga menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan koneksi terbaik saat browsing menggunakan internet Anda.

Banyak di antara kita yang memiliki kegiatan dengan mobilitas tinggi lebih memilih untuk terkoneksi dengan internet menggunakan perangkat modem USB. Dengan dimensinya yang mungil, modem USB atau Mifi menjadi teman yang sangat serasi bagi laptop Anda selama melakukan kegiatan sehari-hari.

Berikut 8 Tips Memilih Modem 4G Agar Tepat Sesuai Kebutuhanmu :

1. Kecepatan Akses
Perhatikan kecepatan maksimal yang ditawarkan modem yang akan dibeli, pilih 4G LTE untuk GSM dan EVDO untuk CDMA atau kedua nya. Semakin tinggi maka semakin bagus.

2. Pilih Merek Modem Ternama
Mungkin ini merupakan hal yang sangat relatif, karena masing-masing orang memiliki pilihan tersendiri. Namun, di pasaran saat ini telah terdapat sejumlah vendor yang memang dikenal sebagai penghasil produk modem USB berkualitas. Saran kami, daripada harus ‘berjudi’ dengan memilih produk dengan merek belum terkenal, lebih baik pilih yang sudah dikenal. Selain itu, umumnya sebuah brand besar memiliki layanan konsumen yang jauh lebih baik.

3. Plug and play
Fitur ini sangat penting terdapat pada modem, dengan fitur ini agar tidak repot karena kita tidak memerlukan cd-rom lagi untuk menginstal drivernya. Melainkan modem tersebut saat dimasukkan kedalam port usb akan melakukan proses instalasi driver dan software modem, atau Mifi sekarang banyak yang menggunakan Aplikasi Playstore seperti Huawei Link.

4. Sesuaikan dengan Sistem Operasi
Pada setiap produk modem USB pastinya diberikan keterangan tentang kompabilitas sistem operasi. Beruntung bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows XP ataupun Windows 7 karena hampir seluruh produk modem USB yang beredar di pasaran kompatibel dengan OS besutan Microsoft tersebut. Namun bagi Anda pengguna sistem operasi di luar Windows seperti Mac OS X, Linux maupun Unix harus lebih diperhatikan lagi dalam memilih modem.

5. Sesuaikan dengan Operator dan Sinyal di Daerah Anda
Modem USB dan MIFI terbagi menjadi dua jenis yakni GSM dan CDMA atau ada juga yg support keduanya. Jika Anda sebelumnya memilih operator dari GSM maka sudah pasti Anda harus membeli modem GSM. Jika memilih operator CDMA, pastikan Anda juga membeli modem khususnya CDMA. Ataupun kedua nya ya mungkin harga memang masih tergolong cukup mahal, Saat ini telah banyak tersedia di pasaran. Hal ini kadang luput dari perhatian kita.

Penting bagi kita untuk mengetahui operator penyedia jasa layanan internet manakah yang memiliki sinyal yang kuat di daerah kita. Operator A bisa saja memiliki sinyal kuat di daerah yang satu namun lemah di daerah yang lain. Tentunya Anda yang akan rugi bila memilih operator telekomunikasi dengan sinyal yang lemah karena koneksi internet Anda tidak stabil.

6. Proses Instalasi dan Cara Pakai Mudah
Saat ini rata-rata modem USB dan Mifi dihadirkan dengan proses instalasi mudah dan Cara pakai yang praktis, tanpa driver yang harus di-instal-kan melalui disc terpisah lebih dulu.

7. Desain Modem
Ini terpengaruh dengan bagaimana port USB di laptop Anda diletakkan. Biasanya satu usb port di kiri, dan dua di kanan. Laptop keluaran terbaru, biasanya juga cuman punya 3 usb port. Bahkan ada yang tega cuman memberi 2 atau satu saja macam si MacBook Air itu.

Nah, supaya kita bisa menggunakan semua port usb yang ada di laptop, maka kita harus pastikan modem USB kita itu cukup tipis, tidak terlalu lebar dan gendut sehingga menghalangi lubang port USB lainnya. Untuk Mifi sih sebenernya tidak ada msalah tapi kalo bisa pililah yang bisa masuk kantong jadi tidak perlu repot” untuk di bawa mobilitas.

8. Budget
Mungkin Ini yang paling penting hehe, memang budget juga harus di sesuaikan, Jika kita memiliki budget terbatas Belilah sesuai dengan kebutuhan mu. Misal kita berada di daerah (hanya mendapat sinyal 3G), dan hanya mendapatkan sinyal gsm saja, Jadi yang harus di beli ialah modem usb 3G GSM. Jika kita berada di kota” besar dan penggunaan sering berpindah” tempat budgetpun lebih, belilah Mifi yg GSM+CDMA yang sudah support LTE.

Nah itulah tips memilih modem USB yang bagus yang dapat Anda gunakan saat akan membeli USB atau MIFI modem. Semoga inforamsi 8 Tips Memilih Modem 4G di atas bermanfaat dan berguna bagi Anda.

Rekomendasi Admin Modem Terbaru :
1. Modem 4G Huawei e3372
2. MIFI Huawei e5573
3. Modem USB Huawei K5150
4. Modem USB Huawei e3276
5. Modem Sierra 320U

Atau Sobat Sodagar sekalian yang telah membaca artikel “8 Tips memilih modem 4G agar sesuai kebutuhanmu” ini ada saran atau tambahan Modem rekomendasi silahkan Comment di bawah sini ya.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu