Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
Apakah Laptop Kalian Kena Virus Kenali Jenis Virusnya

Laptop Kalian Kena Virus ? Kenali Jenis jenis Virus Komputer

virus komputer

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu.
Disetiap perangkat komputer yang terkoneksi dengan internet, tidak akan pernah menutup kemungkinan jika perangkat tersebut akan terus dihantui dengan yang namanya virus. Hal ini dapat memungkinkan kamu untuk kehilangan data-data yang ada serta windows yang kamu jalankan. Ancaman komputer bisa terjadi kapan saja, data-data yang kalian miliki sangat mungkin untuk disadap, dirusak, dan atau dicopy.

Jenis Virus :

1. Malware
Malicious Software merupakan kepanjangan dari malware. Apa saja yang dilakukan malware? Satu bentuk keganasan ini adalah menyerang file yang kalian miliki, melakukan duplikasi diri sehingga merusak sistem kerja hardisk, merusak software, mengambil data, serta merusak windows pada komputer. Malware bisa berupa software atau sript (kode) yang kemudian menyamar menjadi user dan menjalankan sistem tanpa persetujuan. Malware merusak dengan cara menggambarkan/menyamar program atau mematikannya. Malware yang ganas bahkan dapat mematikan antivirus yang kalian pasang. Biasanya yang sering terjadi adalah sebuah malware berbentuk software.
Cek di Control PanelProgramsPrograms and Features jika terdapat beberapa aplikasi seperti Segurazo, Chromium dan Byteware Malware segera dihapus. Dalam beberapa kasus, ketiga virus ini sulit sekali dihapus.

jenis virus komputer

2. Adware
Salah satu bentuk virus yang biasanya berupa advertising atau iklan. Bila tiba-tiba muncul iklan saat menginstal program yang terjadi berulang berarti komputer kalian telah terinfeksi virus adware. Sifat adware ini memang tidak merusak, hanya beriklan saja seperti file yang kalian download. Tapi, seringkali membuat kita jengkel juga bila terlalu sering muncul.

3. Spyware
kalian perlu berhati-hati karena data yang kalian unggah di situs internet bisa dimata-matai oleh spyware. Spyware sendiri virus yang kerjanya mencari informasi user. Tak hanya berhenti sampai mendapatkan informasi saja, spyware juga menyadap apa saja yang kalian ketik di atas keyboard. Tujuannya tidak lain untuk memperoleh informasi kartu kredit, membobol email, akun social media, ataupun akun bank kalian. Sangat mengerikan bukan?
Tujuan lain dari spyware adalah mengawasi kalian saat browsing di internet. Apa saja yang kalian buka menjadi peluang bisnis bagi mereka sehingga menyediakan produk yang banyak dibutuhkan. Jadi, peluang bisnis bagi mereka semakin lebar.

Penyebab Laptop Terkena Virus :
• Tidak ada anti-virus
• Tidak update anti-virus
• Sembarangan download
• Sembarangan mengakses website
• Sembarangan install software
• Secara sadar mengizinkan adanya notif saat browsing
• Bertukar data dengan flashdisk

Jika komputer kalian sudah terlanjur terinfeksi virus. Sebaiknya lakukan install ulang. Kenapa harus install ulang ? karena komputer yang sudah terlanjur terkena virus jika dibersihkan atau di-scan dengan anti-virus yang baru diinstall hasilnya akan sama saja. Ya, karena virusnya sudah lebih dulu ada dikomputer. Saran terbaik adalah install ulang. Karena dengan cara ini selain menghilangkan virus tapi juga menyegarkan performa windows pada komputer.

Maka dari itu Sodagar Komputer  hadir untuk kalian yang mencurigai komputer terkena virus. Kunjungi Sodagar Komputer terdekat agar komputer kalian menjadi normal kembali.

Berikut Info alamat outlet  kami

Sodagar Komputer Pondok Kopi
Jl. Robusta Raya No.6, RT.2/RW.7 Jakarta Timur (021) 86607467
Sodagar Komputer Pekayon
Jl. Raya Pekayon No.1, RT.004/RW.021 Bekasi (021) 82436884
Sodagar Komputer Taman Harapan Baru (THB)
Ruko THB Blok A1 No.20, RT.007/RW.026 Bekasi (021) 88873997
Sodagar Komputer Rawamangun
Jl. Sunan Giri No.5, Rawamangun,Jakarta Timur (021) 29834601
Sodagar Komputer Cikarang
Jl. Raya Cikarang – Cibarusah No.69, Pasirsari, Cikarang (021) 89117511

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu