Laptop Kamu Kebanjiran, Kehujanan Atau Kena Air ? Jangan Panik

LAPTOP KAMU KEBANJIRAN,KEHUJANAN ATAU KENA AIR JANGAN PANIK

Laptop kamu kebanjiran, Kehujanan atau Kena Air? – Banjir yang melanda sejumlah wilayah terutama Jabodetabek awal tahun lalu rupanya menyisakan sejumlah masalah. Peristiwa yang terjadi pada musim penghujan, di mana banyak warga tidak berada di rumah, membuat sejumlah perangkat penting seperti laptop terendam banjir.

Kita tahu bahwa perangkat elektronik, seperti laptop, itu harus dijauhi dari air. Alasannya, air akan menyebabkan komponen di dalam laptop rusak. Apalagi air banjir yang mungkin kotor dengan lumpur yang dibawanya.

Jika laptop kebanjiran kena air, jangan khawatir dan berpandangan bahkan perangkat itu telah rusak. Apalagi saat laptop terjatuh ke air, biasanya membatalkan garansi pabrik secara otomatis, banyak perangkat elektronik memiliki indikator yang berubah warna saat basah.

Ada beberapa langkah yang bisa diikuti untuk menyelamatkan laptop kamu yang terkena atau terendam banjir, sebelum benar-benar rusak. Berikut tipsnya.

– Jika laptop kena air saat menyala, langsung matikan. Laptop yang dibiarkan hidup, bahkan untuk beberapa saat, dapat menyebabkan korsleting, meninggalkan komponen di dalam rusak permanen.

– Lepaskan baterai dari laptop. Beberapa laptop masih memiliki baterai yang bisa dilepas, sementara ada model yang harus membuka cover belakang untuk melepasnya.

– Cabut semua drive USB atau dongle yang terhubung ke laptop.

– Ambil kain kering dan bersihkan cairan berlebih dari permukaan laptop, terutama di dekat keyboard, lubang angin atau port USB atau HDMI.

– Balikkan laptop, letakkan di atas handuk atau sesuatu yang menyerap, dan biarkan air mengalir keluar. Anda tidak perlu membuka laptop jika Anda tidak nyaman melakukannya, tetapi jika Anda melakukannya, lepaskan pelat belakang dan bersihkan komponen dengan kain bebas serat sebelum membiarkannya mengering.

– Pengeringan di udara terbuka adalah yang terbaik dalam situasi ini. Seorang ahli mengatakan untuk laptop direndam dengan beras tidak efektif. Yang akhirnya terjadi adalah Anda harus melakukan lebih banyak pekerjaan dalam membersihkan beras, yang dapat melekat ke beberapa komponen.

– Biarkan laptop mengering selama lebih dari 24 jam di udara terbuka. Setelah benar-benar kering, coba hidupkan. Kemudian, colok dengan adapter charger untuk pengisian. Jika berhasil, bisa langsung dibawa ke tempat service .


Satu catatan keselamatan: jika baterai bersentuhan dengan cairan apa pun, Anda harus membeli yang baru. Cairan tidak hanya dapat merusak baterai, tetapi juga dapat membuat perangkat tidak aman untuk digunakan.



Semoga sedikit info ini bisa membantu anda, jika anda kesulitan melakukan semua hal yang saya tulis diatas, cukuplah pastikan anda melepaskan charger dan battery pack dari laptop , segera bawa laptop ke tempat service untuk di bongkar, dibersihkan dan di check apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Jangan sekali-sekali Anda mencoba menyalakan laptop anda yang terkena air dengan hanya mengeringkannya menggunakan hairdryer tanpa membongkar casing dan melepaskan mainboard. Karena dapat dipastikan bahwa air yang berada didalam laptop akan semakin memperparah kerusakan saat Anda menyalakan laptop.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Jika Anda bingung atau ragu, silahkan datang ke outlet SODAGAR KOMPUTER

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Main Menu