Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
macam jenis sistem operasi komputer

6 Macam Sistem Operasi Komputer yang wajib kamu ketahui

Saat ini ada 2 sistem Operasi paling populer yang sangat umum digunakan pada perangkat komputer, Yaitu Windows dan MacOS. Faktanya ada berbagai macam jenis Sistem Operasi komputer yang dapat kamu gunakan.

Dikutip Wikipedia, Sistem Operasi adalah perangkat lunak (Software) sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai daemon untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Pada Dasarnya perangkat seperti Komputer desktop, Laptop, Smartphone, dan perangkat sejenisnya tidak akan bisa dioperasikan tanpa adanya sebuah sistem operasi.

Nah, Apa saja Sistem Operasi lainnya yang dapat kamu gunakan selain Windows dan MacOS ?

Simak pemaparan Sodagar Komputer berikut ini !

Linux

jenis jenis sistem operasi komputer linux
Ubuntu Linux

Linux adalah jenis operating system (OS) yang bersifat Open Source sekaligus gratis. Salah satu kelebihan sistem operasi Linux adalah kamu bisa menggunakan dan mengembangkannya dengan bebas. Biasanya, OS ini dimanfaatkan dalam pengembangan perangkat. Berbeda dengan Windows yang menyasar user dan pemula.

Meski jarang dibicarakan, namun Linux adalah sistem operasi yang banyak digunakan dalam perangkat kita sehari-hari. Seperti, mobil, alat elektronik hingga smartphone berbasis Android. Meski begitu, pasti kebanyakan dari kamu belum menyadarinya.

Linus memiliki beberapa jenis OS yang disebut dengan Distro Linux dan dikembangkan menggunakan Kernel Linux, Diantaranya adalah Redhat Linux, Debian Linux, Ubuntu linux, CentOS Linux, SuSE Linux, Slackware Linux, Fedora Linux, Linux Mint, Mandriva Linux, dan Caldera Linux.

MS-DOS

MS-DOS
MS-DOS Microsoft

macam sistem operasi komputer berikutnya adalah MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.

MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

UNIX

unix sistem operasi
Microsoft Xenix unix

Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari proyek Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan multi-user. Pengembangannya dimulai dari tahun 1970-an di Bell Labs oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie, dan lain-lain.

UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal

Chrome OS

Chrome OS adalah sistem operasi
Chrome OS

Chrome OS adalah sistem operasi berbasis Gentoo Linux yang dikembangkan oleh Google. Sistem Operasi ini menggunakan web browser google chrome sebagai antarmuka grafis pengguna utamanya. Tidak sama halnya seperti sistem operasi Windows, Linux, atau MacOS. Chrome OS hanya dapat berjalan pada beberapa perangkat keras tertentu. Seperti Halnya rancangan hardware khusus oleh Google dan Mitra manufaktur Google dibawah nama Chromebook, diantaranya DELL, ACER, Samsung, ASUS.

Sistem operasi ini memaksa kamu untuk terus terhubung kepada jaringan internet karena data yang disimpan pada sistem operasi Chrome OS berbasis cloud. Jadi, jika kamu ingin mengakses data kamu perlu koneksi internet. Tetapi perlahan Google mulai menurunkan tingkat ketergantungan ChromeOS pada jaringan internet.

Windows

macam macam sistem operasi
Windows 11 interface

Microsoft Windows atau yang biasa dikenal dengan sebutan Windows adalah Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem Operasi dengan antar muka GUI (Graphical user interface) ini adalah sistem operasi paling populer saat ini.

Sebenarnya Windows adalah perkembangan dari MS-DOS. Versi awal dari Windows pasalnya masih berjalan diatas MS-DOS hanya saya memiliki tampilan lebih berbeda dari MS-DOS pada umumnya karena sudah memiliki tampilan berbeda. Versi Windows yang berjalan diatas MS-DOS adalah Windows 1.0, Windows 2.0, Windows 3.0, Windows 3.1, Windows for Workgroups 3.1, dan yang terakhir adalah Windows for Workgroups 3.11 .

Pada Versi setelah itu, Windows sudah tidak mengandalkan MS-DOS walau tidak sepenuhnya. Setelah Windows 95, Windows 98, dan Windows millennium edition baru Windows telah meninggalkan MS-DOS.

Keberhasilan Microsoft dalam mengembangkan Windows terbilang sangat sukes, Versi Windows paling fenomenal adalah Windows 7 yang saat ini sudah tidak dikembangkan lagi oleh Microsoft tetapi masih sangat banyak digunakan.

Saat ini Versi Windows yang sangat aktif digunakan oleh para pengguna adalah Windows 10 dan Windows 11. Selain masih terus dikembangkan juga tergolong masih baru terutama Windows 11 yang masih dalam versi awal nya.

MacOS

macOS
MacOS

Macam sistem operasi komputer yang terakhir adalah MacOS, MacOS atau yang sebelumnya lebih dikenal dengan OS X adalah sistem operasi berbasis Graphical Unit Interface (GUI) yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple. Sistem operasi ini hanya disediakan untuk komputer macintosh. Sistem Operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan sangat populer dikalangan pengguna teknologi.

MacOS dikenal sebagai sistem operasi yang cukup ringan dan cepat, Kita bisa melihat dan merasakan sistem operasi ini pada produk Apple yaitu Macbook. Bahkan Macbook dengan spesifikasi yang sudah terbilang tertinggal pun masih dapat menjalankan MacOS ini dengan lancar.

Penutup

Sekian Artikel tentang 6 Macam sistem operasi komputer yang wajib kamu ketahui. Semoga dapat membantu sobat dalam memahami sistem operasi dan mengetahui jenis dan macamnya

Jangan lewatkan juga untuk membaca artikel lainnya dan Subscribe Sodagar Komputer untuk dapetin update informasi terbaru, Tips Trik, dan info seputar teknologi lainnya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu