Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
processor AMD ryzen png

Kelebihan Kekurangan Processor AMD dibandingkan intel

Kalau berbicara tentang kelebihan dan kekurangan Processor AMD dan intel memang tidak akan ada habisnya. Sebab, Setiap processor yang dirilis ke public tidak akan sempurna dan selalu ada kelebihan dan kekurangannya jika dibandingkan dengan seri sebelumnya atau bahkan dengan kompetitornya.

Kelebihan Processor bisa memberikan keuntungan kepada kita tetapi kekurangan processor dapat menghambat penggunaan perangkat itu sendiri. Untuk itu pada Artikel kali ini, Sodagar Komputer akan memaparkan Kelebihan dan kekurangan processor AMD saat ini jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu intel.

Sebelum itu mari kita kenalan terlebih dahulu, apa itu AMD ?

Advanced Micro Devices, Inc. (AMD) adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika yang berbasis di Santa Clara, California, yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi terkait untuk bisnis dan pasar konsumen. Meskipun awalnya memproduksi prosesornya sendiri, perusahaan tersebut kemudian mengalihdayakan manufakturnya, sebuah praktik yang dikenal sebagai going fabless, setelah GlobalFoundries dipisahkan pada tahun 2009. Produk utama AMD meliputi mikroprosesor, chipset papan induk, prosesor tertanam dan prosesor grafis untuk peladen, workstation, komputer pribadi, dan aplikasi sistem tertanam.

AMD Bukanlah pemain baru, AMD sudah mengeluarkan processornya pertama kali pada tahun 1996 yang diberi nama K5 hingga saat ini AMD cukup percaya diri pada processor Ryzen bahkan mampu mengalahkan competitor terkuatnya yaitu intel.

Kelebihan dan Kekurangan Processor AMD

processor amd ryzen
AMD Ryzen 5 3600

AMD memang sudah menguasai pasar processor global tetapi nama AMD masih cukup asing di beberapa telinga masyarakat. Processor AMD bahkan menjadi sebuah momok yang menakutkan karena masa lalunya yang sempat memiliki processor panas dan boros listrik.

Tetapi AMD saat ini sudah berubah, Simak Kelebihan dan Kekurangan Processor AMD !

Kelebihan Processor AMD

Ini dia kelebihan-kelebihan Processor AMD dibandingkan intel, Yang akan bikin kamu ngiler ingin memiliki

Murah

Saat ini Processor AMD memiliki harga yang cenderung lebih murah daripada processor intel khususnya di kelas menang kebawah, Kalau untuk kelas Highend harga bisa dibilang masih cukup bersaing. Belum tau apa panyebab harga processor AMD terkadang bisa lebih murah daripada intel dengan generasi yang bisa dibilang sama-sama baru.

Integrated Graphic

Sejak AMD mengakuisisi Ati Technologies yaitu perusahaan grafis asal kanada pada tahun 2006 membuat AMD dapat membangun processor berbasis APU dengan sangat optimal. Walaupun di awal peluncuran processor APU Llano tidak begitu sukses, Tetapi AMD kini sudah berhasil membangun sebuah processor dengan graphic terintegrasi dengan performa yang kencang.

AMD Radeon Graphic dan AMD Radeon Vega menjadi kartu Grafis andalan AMD saat ini dengan performa yang mampu menandingi pesaingnya yaitu intel UHD Graphic milik intel. Saat artikel ini ditulis, Bisa dibilang mayoritas processor dengan Graphic terintegrasi banyak diunggulkan oleh AMD.

Untuk Kelas Low end Processor AMD memiliki Graphic integrated yang sudah cukup baik, Bahkan sudah dapat kamu gunakan untuk bermain Game ringan dan mendapatkan frame rate yang lumayan playeble

Spesifikasi Processor

Sejak AMD merilis arsitektur Zen dengan processornya yaitu AMD Ryzen, Saat ini AMD memiliki Spesifikasi Processor yang sangat baik, Bahkan membuat intel lumayan sulit untuk menandinginya.  AMD saat ini sudah memiliki processor dengan fabrikasi 7nm bahkan sedang mengambangkan processor dengan teknologi 5nm, Terbilang cukup modern dibandingkan intel yang saat ini masih bermain di 10nm.

Nm atau Nano meter ini sangat berpengaruh pada performa processor, Semakin kecilnya nm  dinilai dapat membuat performa processor menjadi semakin cepat. Disisi lain nilai Nm yang semakin kecil juga dapat membuat processor dapat terus dikembangkan dengan menambahkan teknologi-teknolgi terbaru kedalamnya.

Saat ini Processor AMD lumayan unggul pada performa multicore itu dikarenakan jumlah core yang lebih banyak dari processor intel, Sedangkan untuk performa single core masih bersaing dengan processor intel yang dinilai memiliki performa single core yang sangat kencang.

Hemat Daya

Benar kamu tidak salah baca, Processor AMD saat ini memang hemat daya. Dilansir oleh Tom’s Hardware, Processor seri Ryzen 5000 adalah chip PC desktop paling hemat daya yang pernah kami uji, dengan Ryzen 5 5600X menawarkan efisiensi terbaik. Teknologi Fabrikasi 7nm TSMC dan Zen 3 AMD adalah kombinasi terbaik dengan menghasilkan performa processor yang kencang dan power komsumsi yang rendah.

Kekurangan Processor AMD

AMD Ryzen 5 3600

Berikut kekurangan Processor AMD yang berhasil kami rangkum, Simak !

Brand Power

Berkat kuatnya intel pada pangsa pasar microprocessor membuat nama AMD lumayan tertutup oleh pamor intel. Hal ini menghasilkan masih banyaknya masyarakat yang belum banyak tau tentang processor AMD atau hanya mengetahui sebatas tentang processor AMD yang dahulu dinilai Panas, Boros litrik, dll.

Tetapi saat ini berkat Processor AMD Ryzen, AMD sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat khususnya para penggiat teknologi. Pamornya sudah dapat menyaingi intel, dan Sudah banyak developer software yang mengembangkan software aplikasinya untuk lebih optimal saat dijalankan oleh sistem AMD.

Pakai RAM dual Channel

Lumayan banyak para pengguna AMD yang mengatakan bahwa menggunakan RAM dengan konfigurasi dual channel akan meningkatkan performa processor AMD menjadi lebih optimal. Jika iya, ini menjadi kekurangan terutama pada perangkat seperti Laptop yang ruangnya cukup terbatas, dan terkadang hanya disediakan untuk single channel sehingga kemampuannya tidak optimal. Juga, di PC akan sangat berpengaruh karena meningkatkan TDP sekitar 10% dibandingkan Jumlah RAM yang sama di Single Channel. Namun hal ini menjadi tidak masalah pada perangkat PC desktop karena slot Ram yang bisa mencapai 2 hingga 8.

Diluar itu, Memang faktanya menggunakan Dual channel memori dapat meningkatkan performa sistem komputer.

Penutup

Sekian Kelebihan dan Kekurangan processor AMD Terbaru, Kelebihan dan kekurangan diatas adalah umumnya, untuk lebih detail kamu bisa cek Artikel lainnya. Semoga dapat membantu sobat dalam memilih processor yang terbaik.

Jangan lewatkan juga untuk membaca artikel lainnya dan Subscribe Sodagar Komputer untuk dapetin update informasi terbaru, Tips Trik, dan info seputar teknologi lainnya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu