Perbedaan Sleep dan Hibernate Pada Windows

Perbedaan Sleep dan Hibernate Pada Windows

Perbedaan Sleep dan Hibernate

 

     Terkadang ada dimana saat kamu tidak berhasil menyelesaikan semua tugas yang ada di komputer. Atau kamu pernah ketiduran saat mengerjakan tugas tersebut dan membiarkan Komputer kamu menyala,  Atau bisa juga kamu malas membuka semua file dan sumber sehingga membiarkan komputer tersebut menyala. Membiarkannya terjaga adalah salah satu cara agar kamu bisa mengerjakan tugas tersebut dengan cepat dan mudah.

     Pada akhirnya laptop atau komputer kamu akan mati dengan sendirinya dengan mode Sleep. Mode ini menggunakan power yang lebih kecil dan kamu bisa mulai mengerjakan tugas ketika dihidupkan kembali Sesuai dengan namanya, sleep dan hibernate memiliki fungsi yang sama untuk membuat PC kamu ‘tertidur’ tanpa menutup aplikasi yang sedang berjalan. Fitur ini juga digunakan untuk menghemat daya saat kamu tidak menggunakan PC sementara.

Walaupun kedua opsi ini memiliki tujuan yang sama, tapi ada perbedaan yang harus kamu ketahui berikut ini adalah beda antara sleep dan hibernate pada windows

SLEEP MODE

Sleep mode adalah fitur menghemat listrik yang digunakan jika ingin meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.
Ketika mode Sleep aktif, komputer akan menggunakan daya yang paling rendah. Power akan dipotong dari semua komponen komputer; layar, hardisk, port dan semua peripheral yang terpasang dan akan tetap dialirkan ke RAM. Ini dikarenakan semua aktifitas yang kamu lakukan di komputer tetap disimpan pada RAM. Tapi kalau sampai Power terputus dari RAM, seperti misalnya mati lampu, maka semua aktifitas di komputer kamu akan hilang. Semua pekerjaan yang kamu lakukan akan sia-sia kalau sebelumnya kamu belum menyimpannya.

HIBERNATE

Hibernate mode adalah fitur penghemat listrik yang desain utamanya untuk laptop/notebook. Jika anda ingin menghidupkan komputer dengan posisi seperti saat anda mematikannya, hibernate adalah pilihannya. Ketika sebuah komputer memasuki mode sleep, maka data aktivitas komputer akan ditulis ke harddisk, bukan hanya di memori seperti sleep mode.

Setelah itu komputer akan benar-benar mematikan dirinya, sama persis seperti shutdown. Ini berarti tidak ada penggunaan daya listrik sama sekali. Untuk komputer PC, anda bebas untuk mematikan daya yang menghubungkan ke komputer anda. Hal ini dapat dilihat dari indikator power yang tidak menyala sama sekali.

Mana yang Harus Kamu Pilih??

Perbedaan kedua mode sangat tipis dan manakah yang harus kamu pilih?? Mode Sleep bisa menjadi pilihan yang tepat ketika kamu ingin kembali mengerjakan tugas dengan cepat. Tapi itu akan baik jika kamu menggunakan laptop karena adanya baterai yang menunjang power. Sedangkan Mode Hibernate lebih aman digunakan untuk komputer karena ketika ia kehilangan power maka data yang disimpan akan aman. Walaupun proses booting berjalan lebih lambat dari Sleep.

Tapi manakah diantara keduanya yang lebih hemat daya? Apakah Sleep atau Hibernate?

Kebanyakan perusahaan laptop dan komputer berusaha untuk mendapatkan sertifikat dari Energy Star untuk setiap produk mereka. Dengan begini mereka akan mengetahui tingkat minimum efisiensi energi dalam berbagai kondisi termasuk Idle (dimatikan tapi tidak digunakan) dan Sleep.

Ada beberapa bug yang biasanya terjadi ketika kamu menggunakan Sleep atau Hibernate, jadi sebaiknya kamu harus tetap menjaga sistem up-to-date. Caranya harus sering menginstall update dari sistem operasi kamu.

Sekian info singkat perbedaan sleep dan hibernate Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu