Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
Laptop Ultrabook Lenovo Thinkpad T470s

Lenovo Thinkpad T470s – Laptop Bekas 4 Juta-an Terlaris 2023

Review Lenovo Thinkpad T470s

Review Laptop Lenovo Thinkpad T470s – pada artikel kali ini kita akan ngereview laptop lenovo thinkpad. tapi sebelum itu, saya mau info juga buat temen temen yang mau beli laptop lenovo thinkpad trus cari cari dinternet dan ketemu artikel ini. Thinkpad adalah laptop kelas premium bisnisnya dari lenovo, yang emang ditujukan untuk para pekerja yang membutuhkan laptop performa tinggi, tangguh dan kuat.

dulu Thinkpad T470s ini harganya mahal, bisa mencapai puluhan juta. tapi sekarang banyak dijual kondisi second cuma 4 juta-an saja. temen temen juga perlu tau, walaupun second, thinkpad ini kondisinya rata-rata tetap bagus dan masih spesial banget karena build quality nya yang memang dirancang sangat bagus oleh Lenovo.

Kenapa pilih Lenovo Thinkpad T470s?

kenapa memilih Lenovo thinkpad T470s? karena di harganya yang cuma 4 juta-an, udah membawa processor intel core i7 series, yang  sudah jelas lebih oke kalo kita bandingkan dengan laptop 4 juta-an baru di tahun sekarang yang  processornya masih pake dual core yang performanya gak terlalu bisa diandalkan.

Akan tetapi tetap kembali ke pilihan masing-masing ya, dengan budget yang gak banyak, laptop second terkadang terlihat lebih menggiurkan dibandingkan laptop baru, salah satunya ya karena spesifikasi yang dibawa lebih oke.

1. Processor Kelas Atas

processor lenovo thinkpad t470s

Kita bahas mulai dari processornya, untuk lenovo thinkpad T470s yang kita review kali ini menggunakan processor dari intel core i7 yang generasi ke 6 skylake yaitu intel core i7-6600U, processor yang punya 2 core 4 threads dengan kecepatan normal di 2,60GHz yang bisa ditingkatkan hingga 3,40 GHz.
Processor ini masih bagus untuk sekarang, secara teknologi juga dia udah lengkap, seperti intel quick sync video juga jelas udah support, jadi edit edit video masih bisa.

2. RAM Besar dan Upgradeable

review lenovo thinkpad t470s

Thinkpad T470s memiliki RAM yang kapasitasnya cukup besar, di 8GB DDR4 yang jalan di 2133Mhz, nah yang saya suka disini, RAM yang dipakai adalah 2 keping, jadi performanya jelas lebih oke di bandingkan RAM 1 keping. Dan pelu diingat laptop ini sudah pakai ram ddr4, jadi gak ketinggalan ketingggalan banget lah ya sama laptop terbaru saat ini. lenovo Thinkpad T470s RAM nya bisa diupgrade hingga 24GB.

3. Penyimpanan SSD dan Kencang

ssd upgrade lenovo thinkpad t470

Penyimpanannya laptop ini juga udah menggunakan SSD yang punya kapasitas 256GB, yang kita review kali ini kebetulan pake ssd dari intel. ssd nya pake tipe M.2 NVMe jadi bukan SSD sata, yang kita sama sama tau, SSD m.2 NVMe ini jadi yang tercepat untuk sekarang.

speed ssd test crystaldiskmark

Saya tes menggunakan crystaldiskmark, kecepatan bacanya 2509MB/s dan kecepatan tulisnya 1174 MB/s. dengan kecepatan segini jelas masih bagus banget, yang jelas udah lebih oke lah di bandingkan ssd sata apalgi hardisk.

4. Windows Original

Salah satu keuntungan membeli Lenovo Thinkpad T470s ini adalah Thinkpad sudah dibekali Windows Original yaitu Windows 10 dengan lisensi Pro dan support juga jika ingin di upgrade ke Windows 11. Lisensi ini bersifat digital dan bisa digunakan secara terus-menerus tanpa ada batasan waktu.

5. Baterai Raksasa dan Tahan Lama

Mengingat Lenovo Thinkpad T470s ini adalah laptop bisnis, sehingga Lenovo merancang supaya laptop ini bisa menyala lebih lama. Thinkpad T470s ini pake 1 baterai eksternal, dengan kapasitas 6 cell 48Wh yang lenovo klaim bisa bertahan sampe 8 jam. Tapi ini walau kondisi bekas masih oke banget, saya tes buat musikan sama nonton dengan volume dan brightness di 50% , laptop ini masih mampu bertahan sampai 4 jam lebih.

6. Bahan Material Kuat & Slim

laptop ultrabook lenovo thinkpad t470s

buat kamu yang sudah tau dan apalagi sudah pernah punya lenovo thinkpad, pasti sudah hafal deh, kalo thinkpad ini emang punya design yang gak ngejreng, warganya hitam doff jadi gak menarik perhatian gitu, bahan materialnya yang dipake ini dari bahan Carbon fiber reinforced polymer di bagian covernya dan magnesium dibagian bawah bodynya. sehingga laptop ini kuat sekali, jika hanya terbentur sedikit kamu tidak perlu khawatir berlebihan karena materialnya sudah dirancang dengan kuat oleh Lenovo.

ukurannya lumayan agak besar sedikit tapi cukup slim, panjangnya 33,1CM lebar 22,6CM dan tebelnya 1,88CM,  yang menghasilkan berat 1.32 Kg. Laptop ini juga sudah melewati uji standar military grade 810G, jadi sudah cukup terjamin.

7. Layar IPS FULL HD

layar lenovo thinkpad t470s

Lenovo Thinkpad T470s punya layar 14 inch 16:9 FHD (1920×768) yang sepertinya sudah menggunakan layar dengan panel IPS, dengan tingkat pencahayaan standar berkisar 250nits, ini juga udah nyaman banget digunakan di kondisi ruangan minim cahaya karena layarnya sudah anti glare. karena layarnya udah IPS, viewing englenya jadi luas, sampai 160 derajat. jadi kalo diliat dari samping samping warnanya masih konsisten.

8. Webcam Jernih

pada bagian atas framenya ada Webcam, yang punya resolusi 0,9MP 720p. meskipun ini laptop seken tapi kameranya cukup jernih dan hasilnya seperti ini kalian bisa liat sendiri. masih bisa banget digunakan buat meeting online dan lain lain.

9. Keyboard Nyaman & Backlit

keyboard backlit

keyboard laptop ini nyaman banget dipake ngetik, tombol nya waktu di tekan rasanya enak, ada bunyi tik-tik nya gitu, langkap dengan trackpoint yang berwarna merah di tengah tengah. plus ada backlit juga jadi gelap-gelapan gak masalah. tombol powernya juga terpisah, jadi gak perlu khawatir kepencet, pokoknya ini masih nyaman banget dipake buat ngetik harian.

10. Port Konektor Lengkap (Type C)

Port konektor
konketor thinkpad

buat kelengkapan port nya disebelah kiri terdapat port DC-IN atau lubang charger, USB 3.1 Type A, audio combo jack, dan ada slot kartu memori. di sebelah kanan terdapat sim slot, port ethernet, 2 USB 3.1 type A, HDMI, dan ada USB C Thunderbold 3.
port nya ini bisa dibilang cukup lengkap dan untuk konektivitas sudah disediakan wifi dan bluetooth juga, jadi pokoknya tinggal pake tanpa ribet.

Lenovo Thinkpad T470s Masih Worth It di Tahun 2023

Laptop ini masih worth it gak di beli dan dipake di tahun 2023? jelas masih worth it dan oke banget.
Sodagar komputer bisa bilang masih oke dan worth it dengan harga yang di tawarkan, dipake buat anak sekolah, olah-olah data pakai office sudah bisa dan kalo kita liat dari spesifikasinya, buat temen temen yang lagi belajar belajar editing gambar atau video, ini juga masih bisa.

kalo dibandingin sama laptop baru di tahun sekarang yang punya harga di 4 jutaan, secara performa yang dihasilnya jelas bagus ini, karna emang spesifikasi yang dibawa juga sudah beda walaupun thinkpad ini bukan keluaran terbaru. Minat sama laptopnya? kunjungi etalasi kami dibawah ini.

Review Lenovo Thinkpad T470s

Tonton juga review lengkap Lenovo Thinkpad T470s di channel youtube Sodagar komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu