Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
acer aspire lite 14

Review Acer Aspire Lite 14 – Laptop Generasi Terbaru Spek Mewah

Review Acer Aspire Lite 14 – Baru-baru ini tepatnya pada desember 2023, acer memperkenalkan laptop terbarunya yang terlahir dari keluarga acer aspire, yaitu Acer aspire lite 14. Laptop yang masih di segment entry level dengan harga mulai 5 juta-an saja, sebuah laptop yang unit karena dibekali teknologi terbaru dan kombinasi spesifikasi yang spesial.

Review Acer Aspire Lite 14

Acer Aspire lite 14 masuk dalam keluarga Acer aspire walaupun memiliki nama tambahan lite. Acer aspire adalah tipe laptop acer yang sangat terkenal dan penggunanya sangat banyak diseluruh dunia. Design dan perancangannya terus berkembang dari model yang tebal hingga saat ini sudah sangat slim dan ringan dengan design yang modern dan minimalist.

Berdasarkan pantauan kami, acer menjadi salah satu merek laptop yang sudah merilis laptop terbaru dengan processor intel N series. Laptop dengan processor seri N sangatlah menarik, karena kamu bisa mendapatkan laptop dengan teknologi terbaru namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Processor Intel Seri N

processor acer aspire lite 14'
Processor Intel N Series

Laptop ini menggunakan processor terbaru intel yaitu intel seri N. Processor dengan teknologi intel 7 yang memiliki 4 core 4 threads dengan frekuensi turbo mencapai 3.4GHz dan memiliki 6MB intel smart cache.

Processor canggih dikelasnya ini, membawa integrated graphics intel UHD Graphics yang memiliki frekuensi dinamis maksimal mencapai 750MHz dan 24 execution unit. Kami rasa processor ini sudah cukup mampu menangani tugas-tugas office dan penggunaan harian.

Menggunakan RAM DDR5

Ditahun 2024 memiliki RAM 8GB bukan lagi sesuatu yang wah, mengingat 8GB sudah menjadi minimun RAM untuk saat ini. Namun, hal yang membuat kami kagum saat review Acer aspire lite 14 ini adalah tipe RAM yang digunakan sudah menggunakan DDR5, sehingga kecepatannya sangat cepat yaitu 4800MHz.

Menariknya, tim Sodagar komputer sudah mengkonfirmasi langsung ke dr.acer yaitu layanan customer support acer, bahwa RAM laptop acer aspire lite 14 ini bisa diupgrade hingga 16GB. Jadi, walaupun hanya satu keping saja, tapi menggunakan tipe sodimm sehingga bisa diganti dengan kapasitas lebih besar.

SSD Cepat dan Kapasitas Besar

SSD M.2 NVMe Acer Aspire
SSD Acer Aspire Lite 14

Storage tercepat saat ini adalah SSD, dan tipe terkencangnya adalah SSD M.2 NVMe. Storage tipe ini lah yang digunakan oleh laptop Acer aspire lite 14, Menggunakan SSD M.2 NVMe PCIe Gen3 x4 yang secara spesifikasi kecepatan transfernya mencapai 3000MB/s.

Tidak sampai situ, kami mengetes langsung SSD ini menggunakan software crystal disk mark untuk mengetahui kecepatan aslinya. Pada software crystal disk mark, SSD bertipe SCY SMM5T1G51200D ini memiliki kecepatan baca(read) 3238MB/s dan kecepatan tulis(write) 2565MB/s.

Windows & Microsoft Office Original

Windows 11 Home Original
Windows 11 Home Original

Keutamaan menggunakan sistem operasi windows dan pentingnya kehadiran microsoft office, membuatnya sangat penting untuk dimiliki. Pada laptop acer aspire lite 14 ini kamu tidak perlu membeli secara terpisah, karena acer sudah memberikan windows 11 Home original beserta microsoft office home & student original juga yang bisa kamu gunakan tanpa batas waktu.

Hal ini cukup menghemat kantong, karena jika dibeli terpisah, harganya cukup lumayan hingga total 2 juta-an rupiah.

Kapasitas Baterai Acer Aspire Lite 14

Charging Test Acer Aspire Lite 14
Charging Test Acer Aspire Lite 14

Laptop sebagai komputer mobile tentu hal lain yang sangat penting adalah baterainya, lalu berapa kapasitas baterai acer aspire lite 14? laptop acer aspire lite 14 memiliki kapasitas baterai 45Whr berisi 6103mAh.
Kami juga sudah melakukan pengetesan untuk mengetahui kecepatan charging dari laptop ini, dari 0 – 25% membutuhkan waktu 26 menit, dari 25% sampai 50% membutuhkan waktu 1 jam dan jika hitung dari 0% sampai 100% membutuhkan waktu 2 jam 25 menit.

Design Modern & Slim

acer aspire lite 14

Acer aspire lite 14 ini tampil dengan wajah berbeda dari pendahulunya. Memiliki design dengan lekukan yang lebih tegas membuatnya tampil lebih futuristis dan minimalist, dengan warna dan finishing yang keren juga membuat laptop ini terlihat seperti laptop premium dengan harga belasan juta.

Pada bagian covernya tidak ada logo yang mencolok, dibagian atas terdapat logo ACER yang cukup kecil dan kata bertuliskan Aspire pada bagian bawahnya yang juga memiliki ukuran kecil. Benar-benar design yang cocok sekali untuk kamu yang ingin tampil keren di sekolah, kampus, kantor, cafe dan dimanapun.

laptop ini juga ukurannya lumayan ramping, dengan panjang 31,4 cm, lebar 18,9 CM, dan tebal udah saya ukuran sendiri 1,8 CM. yang menghasilnya bobot di 1,35Kg. 

Layar IPS Dengan Resolusi Tinggi

Layar laptop acer aspire lite 14
Layar Acer Aspire Lite 14

Jika kamu membutuhkan laptop dengan layar spesial namun dengan harga murah, laptop ini adalah solusinya. Saat kami review acer aspire lite 14, kami sangat kagum dengan layar laptop ini, memiliki layar berukuran 14 inch dengan perbandingan 16:10, yang resolusinya biasa disebut FHD+ atau WUXGA (1920×1200). Layar ini menjadi lebih spesial karena sudah menggunakan panel IPS dengan viewing engle yang luas.

Teknologi acer bernama acer comfyview juga membuat layar ini menjadi spesial, berlama-lama didepan laptop bukan sebuah masalah untuk mata. Sodagar komputer sangat merekomendasikan Acer aspire lite 14 buat kamu yang membutuhkan laptop yang punya layar bagus dengan harga yang murah.

Port Konektor Lengkap (Ada Type C)

Port Konektor acer aspire lite 14
Port/Konektor Acer Aspire Lite 14

Kelengkapan konektifitas pada sebuah laptop saat ini sangatlah penting, karena akan berpengarung pada tingkat produktifivas penggunanya. Hal kami temukan kembali saat review Acer aspire lite 14 ini adalah port yang dimiliki sudah sangat lengkap.

Acer aspire lite 14 memiliki 3 Port USB 3.2 Type A, 1 Port USB 3.2 Type C, 1 slot micro SD, 1 HDMI, 1 Audio combo jack dan 1 buah DC-IN untuk charging.

Apakah Acer Aspire Lite 14 Sangat Direkomendasikan?

Sodagar komputer sangat merekomendasikan Acer Aspire lite 14 bagi kamu yang membutuhkan laptop terbaru dengan spesifikasi yang bagus dan memiliki harga yang terjangkau. Berikut ini point-point yang menjadi pertimbangan kami:

Pertama, laptop ini menggunakan processor yang bagus di kelasnya. Dikelas harga 4 sampai 5 jutaan, kalo Dibandingkan dengan intel celeron jelas lebih bagus intel seri N.

Kedua, kemampuan upgrade laptop, Kemampuan upgarde sangatlah penting, lagi pula sepertinya tidak ada yang mau spesifikasi laptopnya mentok tanpa bisa diupgrade sama sekali. Suatu saat pasti ada keinginan untuk meningkatkan kemampuan dari laptopnya, Dengan RAM dan SSD yang bisa diupgrade, menjadi solusi yang tepat untuk penggunaan jangka panjang.

Ketiga, design yang premium, slim, modern dan keren. Walaupun laptop ini bukan pakai materaial yang bagus banget, tapi difinishing dengan sangat sempurna, walaupun harganya cukup murah tapi memberikan kesan premium layaknya laptop yang punya harga 10 jutaan.

Berdasarkan point-point diatas yang kami simpulkan saat review Acer aspire lite 14. Laptop ini kami nilai menjadi salah satu laptop terbaik yang bisa didapatkan dengan harga cuma 5 juta-an saja.

Sekian dan jangan lupa baca artikel review lainnya di blog Sodagar komputer.

Tonton juga review lengkap Acer aspire lite 14 di channel youtube Sodagar komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu