Tips Memilih Power Bank Yang Terbaik

Tips Memilih Powerbank Yang Terbaik

Tips Memilih Power Bank Yang Terbaik Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih PowerBank Yang Terbaik

Tips Memilih PowerBank Yang Terbaik – Kebutuhan smartphone terus meningkat di seluruh lapisan masyarakat. Seiring menjamurnya smartphone maka kebutuhan akan powerbank sebagai aksesoris pendukung juga terus meningkat. Mengingat smartphone memerlukan konsumsi daya lebih besar dibanding handphone biasa.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang menjadi kelebihan smartphone itu sendiri diantaranya paket data selalu menyala, layar yang luas, banyak aplikasi aktif memiliki fitur-fitur yang butuh konsumsi daya lebih dan masih banyak lainnya.

Untuk itu diciptakanlah powerbank sebagai penyimpan cadangan daya yang bisa dibawa kemana-mana.

Maka dari itu, perhatikan hal – hal apa saja yang harus anda pertimbangkan untuk memilih dan menggunakan power bank. Berikut ulasan cara memilih power bank yang paling tepat buat anda:

1. Pilih Power bank dengan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Cara memilih power bank yang paling pertama adalah dengan menentukan kebutuhan. Kita sendiri tahu bahwa fungsi utama power bank adalah untuk pengisian daya, sesuai kebutuhan. Berapa kali sobat harus mengisi ulang daya gadget anda?

Pastikan power bank yang anda gunakan dayanya sama atau lebih besar daripada daya yang dibutuhkan gadget.

Contoh mudahnya, jika anda menggunakan smartphone OPPO R5 yang membutuhkan daya 2000 mAh. Pastikan power bank yang anda pakai berdaya lebih besar, misalkan 8600 mAh. Jadi akan bisa untuk me-recharge lebih dari empat kali. Hitungan itu adalah hitungan kasar, karena pasti akan ada daya yang hilang ketika pengisian.

Selain bisa digunakan beberapa kali, memilih daya power bank yang lebih besar daripada kebutuhan daya gadget akan membuat anda tidak perlu bolak – balik me –recharge power bank. Jadi cara memilih power bank dengan memperhatikan kebutuhan anda perlulan anda perhatikan.

2. Memilih PowerBank Yang Kompatible

Dengan melihat tegangan output, maka kita dapat mengetahui tegangan yang akan masuk kedalam smartphone kita dan dapat memprediksi waktu chargernya. Tegangan output powerbank itu sendiri mayoritas memiliki tegangan 1A atau 2A.

Namun sebaiknya saat mengisi daya smartphone menggunakan powerbank, gunakanlah kabel USB asli karena tegangan USB dari smartphone asli lebih stabil dan sudah disesuaikan oleh pabriknya. Hal ini diperlukan juga untuk menghindari gejolak tegangan arus daya yang naik turun. Dengan tegangan tertentu akan menentukan lama atau tidaknya smartphone akan terisi.

3. Melihat Fitur dari Power Bank

Dengan melihat fitur dari power bank. Hal penting lainnya perlu kita ketahui adalah dapat melihat dari sisi fitur power bank. Kita dapat mencoba untuk dapat melihat beberapa fitur seperti high temperature, overcharging protection dan juga short circuit.

Fitur powerbank high temperature protection berfungsi sebagai pelindung gadgets dan meminimalisir panas ketika suhu panas mulai terdeteksi saat kita melakukan pengisian daya gadgets. Fitur overcharging protection berfungsi sebagai pelindung smartphone dari arus daya berlebih saat proses pengisian daya berlangsung.

Terkadang smartphone yang dicharger terlalu lama dan jika sudah penuh baterainya belum dilepas juga chargernya hal ini bisa mengakibatkan baterai menggelembung. Disinilah peran fitur overcharging protection bekerja yang akan mematikan arus daya power bank ke smartphone. Fitur short circuit protection, fitur ini sangat berjasa sebagai pengaman gadgets dari kebakaran saat pengisian daya karena hubungan pendek arus listrik.

4. Melihat Harga dan Garansi

Anda tentunya tidak menginginkan baterai smartphone mahal anda rusak hanya gara-gara powerbank, maka jangan berat untuk membeli powerbank berkualitas meskipun harga Power bank itu mahal. Pastikan merek asli dan kapasitasnya memang setara dengan harga power bank tersebut.

Sebaiknya anda membeli powerbank merk kepercayaan anda dan di toko terpercaya. Karena toko-toko gadget terpercaya juga akan menjaga kualitas barang yang dijualnya termasuk powerbank. Jika anda ingin membeli powerbank, pastikan terdapat garansi resmi dari pabrik, sehingga meyakinkan kita bahwa powerbank tersebut memiliki kualitas bagus. Garansi resmi juga menjadi salah satu indikator bahwa powerbank itu asli.

5. Perhatikan Cell PowerBank

Sebagian besar orang membeli powerbank tanpa memperhatikan jenis cell dari powerbank itu sendiri. Namun sebaiknya anda juga memperhatikannya karena cell pada power bank akan berpengaruh pada awet atau tidaknya daya sebuah power bank.

Demikian artikel “Tips Memilih Power Bank yang Terbaik” kami sampaikan, semoga bermanfaat.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu