Sodagar Komputer toko laptop komputer

Hotline

0858-8355-7750
Cara cek windows original atau bajakan

Cara Mudah Cek Windows Original atau Bajakan Dengan Akurat

Sebagai pengguna laptop ataupun komputer, pasti tidak asing dengan sistem operasi Bernama Windows buatan Microsoft, yang memang jumlah penggunanya sangat banyak diseluruh dunia. Di Indonesia sendiri, hamper 90% laptop dan komputer menggunakan sistem operasi Windows, namun belum banyak yang tau bagaimana Cara Cek Windows Original Atau Bajakan. Padahal, kamu bisa lakukan pengecekan sendiri dengan sangat mudah dan cepat.

Windows original dan bajakan memang terlihat sama bahkan hampir tidak ada bedanya dengan windows yang sudah di crack. Namun kamu perlu tau, faktanya Microsoft membatasi beberapa fitur yang tidak bisa diakses oleh pengguna yang tidak memiliki lisensi, seperti misalnya tidak bisa ubah wallpaper, windows update dan lain-lain.

Dengan tampilan yang terlihat tidak banyak perbedaan, terkadang menimbulkan beragam pertanyaan terkait lisensi windows 10 atau 11 yang sedang digunakan original atau bajakan. Namun kamu tidak perlu khawatir, ternyata untuk mengecek lisensi windows 10 atau windows 11 asli atau bajakan tidak sulit dan sangat mudah.

Cek Windows Original atau Bajakan Lewat CMD

Kamu bisa cek windows original atau bajakan dengan mudah bahkan tanpa menggunakan alat atau software tambahan, cukup menggunakan tools dari Microsoft CMD (Command Prompt) dengan memasukkan beberapa perintah. Tentu bagi kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer, pasti tidak asing dengan istilah CMD yang kami sebutkan. Saat ini kita membuktikan cara cek lisensi windows dengan CMD, berikut ini:

Step pertama dari cara mudah cek windows original atau bajakan adalah dengan membuka CMD pada windows. Buka menu start windows atau tekan tombol berlogo Windows pada keyboard, kemudian ketik CMD, pilih software yang muncul dan klik open atau Run as administrator.

cek windows ori atau bajakan
Membuka CMD

Kemudian ketikkan perintah slmgrp /xpr atau copy perintah dibawah ini dan tekan Enter.

				
					slmgr /xpr
				
			

Setelah itu akan muncul dialog pada windows script host. Apabila windows yang kamu pakai Original maka dialog yang muncul akan bertuliskan keterangan “The Machine is Permanently Actived”.

cek windows ori
Cek Lisensi Aktivasi Windows

Jika dialog windows script host yang muncul menyertakan tanggal, artinya windows yang sedang kamu gunakan tidak memiliki lisensi windows original.

Selain perintah diatas, ada beberapa perintah lain yang bisa kamu masukkan pada aplikasi CMD untuk mengetahui lebih lengkap terkait lisensi windows yang kamu pakai original atau bajakan. Silahkan gunakan perintah-perintah dibawah ini.

Untuk mengecek aktivasi windows beserta Key numbernya:

				
					slmgr /ato
				
			

Untuk mengecek aktivasi windows beserta partial product key:

				
					slmgr /dli
				
			

Untuk mengetahui secara lengkap keseluruhan detail aktivasi windows:

				
					slmgr /dlv
				
			

Penutup

Itu dia cara cepat dan mudah cek lisensi aktivasi windows original atau bajakan di laptop atau komputer kamu. Mudah bukan? tanpa software atau alat tambahan. Jangan lupa tetap gunakan linsensi windows original ya, agar kita tetap mendapatkan update dari seluruh fitur yang ada diwindows. Sekian dan jangan lupa baca artikel tutorial dan tips-trik menaik lainnya di blog Sodagar komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu