Sodagar Komputer toko laptop komputer
kelebihan kekurangan windows 11

12 Kelebihan dan Kekurangan Windows 11, Penting Bagi Pemula

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 – Windows terbaru saat ini adalah windows 11, walaupun sudah rilis resmi sejak 5 oktober 2021, ternyata masih banyak pengguna yang ragu untuk menggunakan windows 11 karena iming-iming belum sempurna dan masih bug. Microsoft menghadirkan windows versi tebaru bukan hanya dengan tampilan berbeda, melainkan dengan improvement dari sisi fitur dan performa.

Sejak peluncurannya windows 11 terus menjadi perbincangan yang hangat di dunia teknologi. Sebagai sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 11 ternyata menawarkan sejumlah keunggulan yang patut dipertimbangkan oleh pengguna, terutama bagi pemula. Mari kita telaah lebih dalam beberapa kelebihan dan kekurangan utamanya.

12 Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Bagi kamu yang ingin update ke windows 11 dan masih ragu, tetang saja. Sodagar komputer sudah merangkum informasi lengkap terkait kelebihan dan kekurangan windows 11 dibandingkan windows 10, Simak artikelnya sampai habis!

Kelebihan Windows 11

kelebihan windows 11

1. Antarmuka Pengguna yang Modern dan Menarik

Windows 11 menampilkan antarmuka pengguna yang lebih modern dengan elemen desain baru, seperti tata letak jendela yang lebih bersih dan transparan. Hal ini menciptakan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan dan menarik secara visual, memungkinkan pengguna untuk merasa lebih terhubung dengan perangkat mereka.

Selain itu, fitur-fitur seperti pusat aktivitas yang ditingkatkan dan panel awal yang disesuaikan memberikan fleksibilitas tambahan dalam menyesuaikan pengaturan dan pengalaman pengguna sesuai dengan preferensi masing-masing.

2. Antarmuka Pengguna yang Modern dan Menarik

Salah satu keunggulan utama Windows 11 adalah kinerja yang ditingkatkan. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, Windows 11 menawarkan waktu boot yang lebih cepat dan respons aplikasi yang lebih responsif. Ini berarti pengguna dapat mengalami penggunaan komputer yang lebih lancar dan efisien, dengan waktu tunggu yang minimal saat melakukan tugas-tugas sehari-hari.

Selain itu, peningkatan kinerja grafis, terutama dengan dukungan untuk DirectX 12 Ultimate dan Auto HDR, membuat pengalaman gaming menjadi lebih imersif dan menarik bagi para pengguna yang menyukai permainan di platform Windows.

3. Fitur Gaming yang Lebih Baik

Bagi para gamer, Windows 11 menyediakan fitur gaming yang ditingkatkan, termasuk dukungan untuk DirectX 12 Ultimate dan Auto HDR. Ini berarti pengguna dapat merasakan detail grafis yang lebih tajam dan gambar yang lebih realistis, meningkatkan pengalaman gaming secara keseluruhan.

Selain itu, Windows 11 juga menyertakan fitur-fitur gaming tambahan seperti DirectStorage, yang memungkinkan pengguna untuk mengurangi waktu muat dan menjelajahi dunia game dengan lebih cepat dan mulus.

4. Integrasi dengan Microsoft 365 yang Lebih Baik

Windows 11 memiliki integrasi yang lebih erat dengan layanan Microsoft 365, seperti Microsoft Teams yang terintegrasi langsung ke dalam taskbar. Hal ini memudahkan pengguna untuk berkolaborasi dan berkomunikasi dengan rekan kerja atau teman secara langsung dari desktop mereka, meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Integrasi yang lebih dalam dengan layanan cloud Microsoft 365 juga memudahkan pengguna untuk mengakses dan berbagi file di seluruh perangkat mereka, tanpa batasan geografis atau perangkat keras.

5. Peningkatan Fitur Multitasking

Windows 11 menyertakan fitur-fitur baru seperti Snap Layouts dan Snap Groups, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan beralih antara aplikasi dengan lebih efisien. Snap Layouts memudahkan pengguna untuk mengatur jendela aplikasi dalam tata letak yang diinginkan, sementara Snap Groups memungkinkan mereka untuk menyimpan dan mengakses grup aplikasi yang sering digunakan dengan cepat.

Dengan fitur-fitur ini, pengguna dapat meningkatkan produktivitas mereka dengan mudah mengelola beberapa tugas atau proyek secara bersamaan, tanpa perlu mengorbankan waktu untuk beralih antara aplikasi atau jendela.

6. Dukungan Aplikasi Android

Windows 11 memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi Android melalui Microsoft Store. Ini membuka akses ke ribuan aplikasi Android yang tersedia, yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan produktivitas pengguna. Dengan dukungan untuk aplikasi Android, pengguna dapat menemukan solusi untuk berbagai kebutuhan mereka, mulai dari produktivitas hingga hiburan, tanpa harus meninggalkan lingkungan Windows.

Fitur ini memberikan kesempatan bagi pengembang aplikasi untuk mencapai audiens yang lebih luas dan memberikan pengguna Windows 11 dengan lebih banyak pilihan aplikasi yang berguna.

7. Keamanan yang Ditingkatkan

Windows 11 menawarkan sejumlah fitur keamanan baru untuk melindungi pengguna dari ancaman keamanan yang berpotensi. Windows Hello, misalnya, adalah metode otentikasi biometrik yang memungkinkan pengguna untuk mengakses perangkat mereka secara cepat dan aman, tanpa perlu menggunakan kata sandi. Selain itu, kontrol aplikasi yang lebih ketat membantu melindungi sistem dari malware dan ancaman keamanan lainnya.

Dengan fokus yang lebih besar pada keamanan, pengguna Windows 11 dapat merasa lebih percaya diri dalam menjelajahi internet dan menggunakan aplikasi, tanpa khawatir akan kebocoran data atau serangan cyber yang merugikan.

Kekurangan Windows 11

1. Persyaratan Perangkat Keras yang Tinggi

Windows 11 memiliki persyaratan perangkat keras yang lebih tinggi daripada versi sebelumnya. Ini termasuk persyaratan untuk prosesor yang didukung oleh TPM 2.0 dan Secure Boot, serta persyaratan untuk layar dengan resolusi minimal 720p. Hal ini dapat menjadi kendala bagi pengguna dengan perangkat keras yang lebih lama atau terbatas, yang mungkin tidak memenuhi persyaratan tersebut.

Pengguna yang ingin memperbarui ke Windows 11 mungkin perlu menginvestasikan uang tambahan untuk membeli perangkat keras yang sesuai, atau memilih untuk tetap menggunakan Windows 10 atau versi sebelumnya.

2. Kompatibilitas Aplikasi yang Terbatas

Meskipun Windows 11 memiliki dukungan untuk aplikasi desktop yang ada, beberapa aplikasi atau perangkat lunak mungkin tidak kompatibel dengan sistem operasi baru ini. Ini bisa menjadi masalah bagi pengguna yang bergantung pada aplikasi tertentu untuk pekerjaan atau kegiatan sehari-hari mereka.

Pengguna mungkin perlu mencari alternatif atau solusi lain untuk menggantikan aplikasi yang tidak kompatibel dengan Windows 11, yang dapat mengganggu alur kerja atau memerlukan adaptasi tambahan.

3. Fitur yang Hilang atau Diubah

Seiring dengan pembaruan ke Windows 11, beberapa fitur yang ada di versi sebelumnya mungkin dihapus atau diubah. Hal ini dapat mengecewakan pengguna yang terbiasa dengan fitur-fitur tersebut, atau memerlukan pembelajaran ulang atau penyesuaian tambahan.

Misalnya, fitur-fitur seperti Cortana yang terintegrasi secara mendalam atau fitur HomeGroup mungkin tidak lagi tersedia atau berfungsi dengan cara yang berbeda di Windows 11, yang dapat memerlukan pengguna untuk menemukan alternatif atau solusi lain.

4. Keterbatasan Dukungan Perangkat

Tidak semua perangkat keras lama akan mendukung Windows 11 sepenuhnya, dan beberapa mungkin tidak mendukungnya sama sekali. Ini bisa menjadi masalah bagi pengguna yang ingin memperbarui perangkat mereka ke Windows 11, tetapi terbatas oleh perangkat keras yang ada.

Pengguna yang tidak mendapatkan dukungan penuh untuk Windows 11 mungkin perlu memilih antara tetap menggunakan versi sebelumnya dari Windows atau mengganti perangkat keras mereka dengan yang lebih baru dan kompatibel.

5. Proses Pemutakhiran yang Memerlukan Waktu

Memperbarui ke Windows 11 bisa memakan waktu, terutama jika pengguna memiliki banyak data atau perangkat lunak yang perlu dipindahkan atau diperbarui. Proses ini dapat menjadi menantang dan memerlukan perencanaan yang baik, terutama bagi pengguna yang ingin memastikan bahwa data mereka tetap aman dan tidak terganggu selama proses pemutakhiran.

Pengguna juga mungkin perlu mempertimbangkan waktu pemulihan sistem atau cadangan data sebelum memulai pemutakhiran, untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan atau masalah lain yang mungkin muncul selama proses pemutakhiran.

Dengan mempertimbangkan dengan cermat kelebihan dan kekurangan Windows 11, pengguna pemula dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang apakah mereka ingin beralih ke sistem operasi baru ini atau tetap menggunakan versi sebelumnya dari Windows. Semoga informasi ini membantu pembaca dalam membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Saran dari Sodagar komputer, ketika kamu ingin menjalankan windows update, pastikan laptop sedang tidak digunakan agar tidak mengganggu pekerjaan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu