Sodagar Komputer toko laptop komputer
cara mengatasi keyboard laptop tidak bisa mengetik

5 Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi atau Tidak Bisa Mengetik

Solusi cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi – Keyboard menjadi bagian penting pada semua keyboard, karena berfungsi sebagai media input, untuk kita bisa memasukkan data-data. Ketika keyboard laptop rusak tidak bisa mengetik, ini akan sangat menghambat pekerjaan.

Ada banyak masalah yang sering terjadi pada keybord laptop, tapi yang sangat mengganggu adalah keyboard laptop sering kali tiba-tiba tidak berfungsi, kerusakan ini bisa terjadi karena faktor software dan hardware. Jika kamu sedang mengalami masalah ini, Sodagar Komputer sudah merangkum solusi atau cara serta tutorial mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi atau tidak bisa mengetik. Agar kita semua paham yuk Simak artikelnya sampai akhir!

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi atau Tidak Bisa Mengetik

Sebelum kita pergi ke cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab keyboard laptop tidak bisa mengetik atau berfungsi, agar tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Keyboard yang tidak berfungsi terjadi karena 2 kemungkinan kerusakan, yaitu software dan hardware.

1. Kerusakan Software, kerusakan software disebabkan oleh faktor perangkat lunak, seperti sistem operasi, driver, software crash dan sebagainya. Hal ini terjadi karena installasi sistem operasi yang tidak sempurna dan tuntas atau driver keyboard yang tidak cocok.

2. Kerusakan Hardware, kerusakan hardware disebabkan oleh faktor perangkat keras laptop yaitu keyboard laptop itu sendiri. Keyboard laptop yang rusak umumnya terjadi karena sudah mencapai batas usia pemakaian sehingga keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Namun, jika tidak berfungsi semunya, kerusakan bisa terjadi lebih dari sekedar keyboard saja.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi atau Tidak Bisa Mengetik

Jika kamu mengalami kendala tersebut pada laptopmu, tidak perlu khawatir. Karena, Sodagar Komputer akan memberikan tutorial mengatasi Keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau keseluruhan.

Lakukan cara dibawah ini jika kamu memahami laptop, Jika kamu awam dan tidak memahami banyak tentang laptop, Kamu bisa datang ke tempat service laptopSimak caranya!

1. Install Ulang Driver Keyboard

Berdasarkan penyebab yang sudah disampaikan sebelumnya, kerusakan ini bisa terjadi karena software dan salah satunya adalah driver, untuk itu kita bisa mencoba memperbaikinya dengan menginstall atau melakukan install ulang driver keyboard.

Untuk mencobanya, Kamu bisa mencoba melakukan uninstall driver laptop pada device manager. ini akan membuat data driver terhapus dan error yang terjadi pada driver menjadi hilang. Berikut cara yang bisa kamu ikuti :

  • Klik kanan Start Windows di taksbar.
  • Kamu akan melihat beberapa menu, Pilih Device Manager.
mengatasi keyboard mencet sendiri
  • 3. Geser ke bawah, buka menu Keyboard.
  • 4. Pada driver yang sedang kamu pakai, klik kanan lalu pilih Uninstall device.
keyboard laptop mencet sendiri
  • Setelah itu uninstall driver keyboard PC atau laptop kamu.
  • Restart sistemnya.

Setelah kamu uninstall, selesai restart sistem, driver akan terpasang kembali secara otomatis.

Tapi sebagai tambahan, disarankan kamu aktifkan koneksi internet, kemudian jalankan Windows Update. Nanti di sana driver keyboard akan secara otomatis diperbarui juga versinya.

2. Install Ulang OS

Selain cara diatas, kamu juga bisa mengatasi keyboard laptop tidak bisa mengetik dengan cara melakukan install ulang windows. Karena dengan menginstall ulang OS, laptop akan di reset dan kembali kekondisi awal dengan kondisi windows yang sehat tanpa ada aplikasi error dan virus.

3. Restart Windows

Walaupun terdengar cukup sepele dan mudah, restart windows tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu solusi tepat mengatasi keyboard laptop error sebagian atau seluruhnya secara tiba-tiba, sehingga tidak bisa mengetik.

4. Lakukan Troubleshooting

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah pada keyboard laptop adalah dengan melakukan troubleshooting. Windows memilki fitur troubleshooter berfungsi untuk memperbaiki suatu masalah salahsatunya pada keyboard kemudian memperbaikinya secara otomatis di waktu yang sama.

Masalah keyboard laptop tidak berfungsi juga bisa diatasi menggunakan fitur troubleshooter ini. Berikut langkah-langkah untuk caranya :

  • Pada kotak pencarian Windows, ketikkan troubleshooter.
  • Maka akan muncul hasil pencarian troubleshooter. Silahkan dibuka.
  • Geser ke bawah, cari Other troubleshooters dan klik menu tersebut.
troubleshoot
  • Cari keyboard, lalu klik pada Run the troubleshooter.
  • Ikuti perintah yang ada sampai troubleshooter mulai memperbaiki masalah keyboard di PC atau laptop kamu.

5. Ganti Keyboard

Jika seluruh cara diatas sudah kamu coba dan masalah tersebut masih belum teratasi, dapat disimpulkan bahwa kerusakan terjadi pada hardware, yaitu keyboard laptopnya dan ini sudah tidak bisa diatasi selain melalukan pergantian keyboard secara keseluruhan.

Mengganti laptop bukanlah berkara yang mudah, untuk itu baru kamu yang belum memahami tentang laptop dan tidak pernah bongkar pasang laptop, baiknya lakukan pergantian keybord di tempat service laptop terpercaya, agar tidak muncul masalah lain dan laptop dapat segera digunakan.

Kesimpulan

Kerusakan keyboard laptop tidak bisa mengetik sebagian atau semuanya, masih dapat dicoba untuk diperbaiki jika kerusakan masih terjadi pada bagian software. Jika kerusakan terjadi pada hardware keyboardnya, solusi cepat dan terbaik adalah mengganti keyboard di toko laptop terdekat dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu